6 Cara Sehat Berpuasa Bagi Vegetarian

Avatar of PortalMadura.com
6 Cara Sehat Berpuasa Bagi Vegetarian
Ilustrasi (CNN Indonesia)

PortalMadura.Com – Menjadi atau seseorang yang hanya makan tumbuh-tumbuhan bukan berarti ia terhalang untuk berpuasa. Hanya saja perlu memerhatikan asupan makanan yang masuk agar tetap sehat dan bugar selama puasa.

Lantas, menu sahur dan berbuka apa yang cocok untuk vegetarian di bulan puasa?. Kalau Anda menjalani gaya hidup vegetarian, ada beberapa cara sehat yang bisa Anda coba di bulan puasa.

Yuk intip penjelasannya berikut ini:

Mengonsumsi Protein Crepes
Protein crepes dapat dibuat sendiri dengan menggunakan tepung quiona dan campuran dari setiap lentil yang diaduk dengan daun ketumbar, wortel parut, bit, dan beberapa potongan protein quorn. Quorn adalah produk pengganti daging yang kaya akan protein.

Makan Sedikit Nasi
Untuk vegetarian yang sedang menjalankan puasa, nasi juga dapat dikonsumsi, hanya saja harus dihidangkan bersamaan dengan kacang-kacangan dan sebagian sayur-sayuran hijau untuk menambah nilai gizi.

Keju Cottage dan Salad Sayur
Keju cottage adalah keju yang terbuat dari dadih (Yogurt yang terbuat dari susu kerbau) dan memiliki rasa yang asam. Dalam kandungannya keju cottage memiliki protein yang sangat baik untuk pembentukan tubuh. Selain itu, keju cottage dapat membantu meningkatkan metabolisme dan menjaga kadar gula darah tetap normal.

Mengonsumsi Quiona Tabbouleh dan Roti Gandum
Quiona tabbouleh dan roti gandum juga makanan sehat. Quiona adalah makanan yang terbuat dari biji-bijian yang berasal dari Peru. Quiona dapat dijadikan sebagai pengganti nasi karena memiliki kandungan karbohidrat yang lebih rendah dari nasi, dengan protein yang lebih tinggi.

Dengan kandungan protein yang tinggi, quinoa akan sangat bermanfaat dalam pertumbuhan, pembentukan dan pertumbuhan tulang, otot, kulit, membangun dan memperkuat serta memperbaiki sel-sel tubuh, serta dalam pembentukan sistem kekebalan tubuh. Cocok untuk vegetarian yang sedang berpuasa.

Perbanyak Sayuran Berserat
Setelah berpuasa, tubuh memerlukan nutrisi yang seimbang. Sayuran yang berserat dapat menjadi penyeimbang nutrisi tubuh ketika di bulan buasa. Hal itu dapat Anda dapati pada brokoli. Mengonsumsi brokoli dapat memberikan efek kenyang yang lebih lama saat puasa.

Wortel mengandung vitamin A yang baik untuk mata dan dapat menghidrasi tubuh. Mengonsumsi tomat pada saat sahur dan berbuka juga dapat menambah kekebalan tubuh sehingga tidak mudah sakit. Makanan berserat juga bisa ditemukan pada kubis, jagung, dan ubi.

Mengonsumsi Jamur
Jika dikonsumsi pada saat bulan puasa, jamur bagus untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, jamur juga dapat melindungi dan memperbaiki sistem imun. Jamur juga kaya akan energi yang dapat membantu tubuh tetap aktif saat menjalani puasa.

Baca Juga : Penuhi 5 Hal Ini Jika Ingin Jadi Vegetarian, Berani Coba?

Zat-zat yang terkandung dalam jamur juga efektif untuk membunuh bakteri dalam perut yang menyebabkan sakit perut karena infeksi, sehingga cocok untuk vegetarian.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.