6 Doa Ini Untuk Menyucikan Hati dan Perbaiki Ahlak

Avatar of PortalMadura.com
6 Doa Ini Untuk Menyucikan Hati dan Perbaiki Ahlak
Ilustrasi (Pondok Pesantren Darunnajah)

PortalMadura.Com – Senjata umat Islam yaitu . Hal ini sangat dianjurkan karena bisa membuat hati tenang, lebih bisa bersabar atas apapun yang terjadi dalam hidup, bahkan untuk memperbaiki ahlak.

Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman okezone.com yang dikutip dari sebuah kajian tentang “Mensucikan Jiwa dengan Doa”, berikut beberapa doa untuk mensucikan hati dan memperbaiki ahlak.

Doa Pertama

‘Allohumma inni a'udzu bika minal ‘ajzi wal kasali, wal bukhli wal haromi, wa ‘adzaabil qobri. Allohumma aati nafsii taqwaahaa, wa zakkihaa anta khoiru man zakkahaa, anta waliyyuhaa wa mawlaahaa. Allohumma inni a'udzu bika min ‘ilmin laa yanfa', wa min qolbin laa yakh-sya', wa min nafsin laa tasyba', wa min da'watin laa yustajaabu lahaa'.

Artinya: Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan, kemalasan, kekikiran, ketuaan, kepikunan dan siksa kubur. Ya Allah, datangkanlah pada jiwaku ini ketakwaannya dan bersihkanlah ia. Engkaulah sebaik-baik yang dapat membersihkannya, Engkaulah Pelindungnya dan Rabbnya. Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari ilmu yang tidak bermanfaat, hati yang tidak khusyuk, nafsu yang tidak pernah puas, dan doa yang tidak dikabulkan.(HR Muslim)

Doa Kedua

Yaa muqollibal quluub tsabbit qolbii ‘ala diinik.

Artinya: Wahai Dzat yang Maha Membolak-balikkan hati, teguhkanlah hatiku di atas agama-Mu. (HR. At Tirmidzi)

Allahumma mushorrifal quluub shorrif quluubanaa ‘ala tho'atik.

Artinya: Ya Allah, Dzat yang memalingkan hati, palingkanlah hati kami kepada ketaatan beribadah kepada-Mu.(HR. Muslim)

Doa Ketiga

Allaahumma ahsanta kholqii fa-ahsin khuluqii.

Artinya: Ya Allah, Engkau telah memperbagus penciptaanku, maka baguskanlah akhlakku. (HR. Ahmad)

Doa Keempat

“Allaahummahdinii li-ahsanil akhlaaq, laa yahdii li-ahsanihaa illaa anta, wash-rif ‘annii sayyi-ahaa, laa yash-rifu ‘annii sayyi-ahaa illaa anta.

Artinya: Ya Allah, tunjukkanlah aku kepada akhlak yang baik, tidak ada yang dapat menunjukkan kepadanya kecuali Engkau. Dan palingkanlah dariku kejelekan akhlak, tidak ada yang dapat memalingkannya dariku kecuali Engkau. (HR. Muslim)

Doa Kelima

Allaahummahdinii li-ahsanil a'maal, wa ahsanil akhlaaq, laa yahdii li-ahsanihaa illaa anta, wa qinii sayyi-al a'maal, wa sayyi-al akhlaaq, laa yaqii sayyi-ahaa illaa anta.

Artinya: Ya Allah, berilah petunjuk kepadaku untuk berbuat amalan terbaik dan akhlak termulia, tidak ada yang bisa menunjuki untuk berbuat sebaik-baiknya kecuali Engkau. Dan lindungi kami dari jeleknya amalan dan jeleknya akhlak, dan tidak ada yang melindungi dari kejelekannya kecuali Engkau. (HR. An Nasa-i)

Doa Keenam

Allaahumma innii a'uudzu bika min munkarootil akhlaaq wal a'maal wal ahwaa' wal adwaa'.

Artinya: Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kemungkaran akhlak, amal, hawa nafsu dan penyakit. (HR. At Tirmidzi)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.