oleh

6 Gejala Ini Muncul saat Anda Mengalami Dehidrasi

PortalMadura.Com – Penting untuk memastikan tubuh kita cukup terhidrasi setiap harinya demi kesehatan. Jumlah air yang perlu diminum bergantung pada masing-masing orang dan dipengaruhi banyak faktor. Bisa jadi jumlah air yang harus Anda minum lebih banyak dari anggota keluarga atau teman-temanmu.

Kurangnya cairan yang ada di dalam tubuh bisa menyebabkan terjadinya dehidrasi. Tanpa disadari, hal ini sebenarnya sangat kerap Anda alami setiap hari. Kondisi dehidrasi yang dialami oleh seseorang tidak bisa disepelekan dan harus ditangani dengan hati-hati. Masalah ini bisa berujung pada penyumbatan darah, kejang, serta komplikasi yang bisa berdampak fatal.

Dehidrasi ringan bahkan dapat mempengaruhi mood seseorang, tingkat energi, serta kemampuan untuk berpikir dengan jelas. Dilansir dari merdeka.com dikutip oleh laman The Health Site, berikut ini beberapa gejala yang tidak terduga yang bisa muncul pada seseorang ketika mengalami dehidrasi.

Bau Mulut
Dehidrasi bisa mencegah tubuh memproduksi cukup air liur yang memiliki kandungan anti-bakteri. Jika Anda memproduksi cukup air liur di mulut, bakteri di dalam mulut bisa berkembang secara berlebih sehingga muncul bau mulut.

Kulit Kering
Ketika Anda menjadi sangat pusing dan kekurangan darah, maka kondisi kulit kering bisa muncul pada saat dehidrasi. Kulit kering dan tidak mengalami penguapan secara cukup ini bisa menyebabkannya juga menjadi pecah-pecah.

Kram Otot
Semakin panas kondisi tubuhmu, semakin Anda rentan mengalami kram otot. Ketika otot bekerja lebih keras, mereka bisa mengalami dampak dari rasa panas yang muncul. Kram otot ini juga bisa menjadi hasil dari perubahan pada elektrolit, sodium, serta potasium dalam tubuh.

Demam dan Meriang
Ketika tubuh mengalami dehidrasi kronis, Anda mungkin mengalami gejala seperti demam dan meriang. Demam ini bisa berbahaya terutama ketika suhu tubuh sangat panas.

Ingin Mengonsumsi Makanan Manis
Ketika Anda mengalami dehidrasi, bakal sulit bagi nutrisi dan organ seperti hati untuk melepaskan dan menyimpan sejumlah komponen. Hal ini bisa menyebabkan Anda ingin mengonsumsi makanan manis atau makanan lainnya.

Sakit Kepala
Otak berada di dalam kantung cairan yang melindunginya dari benturan terhadap tengkorak. Dehidrasi bisa menyebabkan cairan tersebut menjadi berkurang dan rentan bertabrakan dengan tengkorak sehingga menyebabkan terjadinya sakit kepala.

Berbagai gejala tersebut bisa saja menjadi tanda awal kondisi dehidrasi yang tidak Anda sadari. Mengingat masalah yang mungkin terjadi, pastikan untuk menjaga asupan air harianmu.

Rewiter : Nurul Hijriyah
Sumber : merdeka.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar