6 Hal Penyebab Puting Payudara Berubah Warna Lebih Gelap

Avatar of PortalMadura.com
6 Hal Penyebab Puting Payudara Berubah Warna Lebih Gelap
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Seiring waktu dan kondisi, payudara wanita bisa mengalami perubahan. Perubahan ini terjadi pada sejumlah bagian dari payudara termasuk puting. Salah satu perubahan yang bisa dialami adalah pada warna puting payudara.

Perubahan warna payudara yang terjadi pada puting akan berubah menjadi gelap. Perubahan warna yang terjadi pada bagian ini sebenarnya tidak berbahaya. Walau pada beberapa kasus perubahan warna pada puting ini cukup aman, namun ada kondisi tertentu yang patut Anda waspadai.

Pada kondisi ini, sebaiknya seseorang berkonsultasi ke dokter. Perubahan warna pada puting payudara ini bisa disebabkan berbagai macam hal yang terjadi pada tubuhmu. Seperti dilansir merdeka.com dikutip dari Medical News Today, berikut sejumlah hal yang mengakibatkan puting berubah warna menjadi lebih gelap.

Kontrasepsi
Kontrasepsi yang diminum bisa mengakibatkan perubahan hormon dalam tubuh. Hal ini bisa menjadi penyebab puting payudara tampak lebih gelap. Pil KB memiliki kandungan sintetis dari hormon estrogen dan progeteron.

Hal ini menimbulkan dampak yang sama dengan perubahan hormonal sehingga warna puting menjadi lebih gelap. Hal ini bisa menghilang usai Anda berhenti mengonsumsi pil KB ini.

Pubertas
Tingkat estrogen seseorang bakal meningkat drastis pada masa pubertas. Meningkatnya estrogen secara drastis menyebabkan pertumbuhan pada payudara. Selain pada perubahan ukuran payudara, warna pada puting juga bisa berubah. Warna puting bakal lebih gelap ketika Anda berada pada saat pubertas.

Hamil
Pada saat janin berada dalam kandungan, tubuh memproduksi tambahan estrogen dan progesteron untuk menyiapkan produksi susu bagi bayi. Perubahan pada payudara juga terjadi ketika hormon ini diproduksi. Payudara biasanya bakal menjadi lebih besar dan sakit ketika disentuh. Payudara juga berubah warna menjadi gelap selama masa kehamilan ini.

Menyusui
Ketika menyusui, warna puting juga bakal menjadi gelap karena produksi Air Susu Ibu (ASI). Perubahan warna ini juga dipercaya bisa membantu bayi lebih mudah menemukan sumber makanan mereka. Perubahan hormonal pada ibu menyusui juga menjadi alasan dari perubahan warna puting ini. Usai ASI berhenti diproduksi, warna puting bakal kembali seperti sedia kala.

Menstruasi
Menstruasi merupakan bagian alami dari siklus reproduksi. Ovarium bersiap melepas telur untuk kesuburan selama siklus ini. Hal ini bisa menyebabkan sejumlah perubahan pada tubuh. Selama masa ovulasi, payudara bakal mengalami perubahan. Selain payudara yang menjadi lebih lembut, puting payudara juga bisa menjadi lebih gelap.

Kanker
Penyebab terakhir ini merupakan yang perlu diwaspadai dibanding lainnya. Penyakit Paget merupakan kanker yang terjadi pada bagian puting. Salah satu gejala dari penyakit ini adalah perubahan warna yang terjadi di sekitar puting.

Baca Juga: Jabatan Ketua DPRD Pamekasan Dibagi Dua, Fathor Rahman dan Halili

Jika perubahan warna puting ini terjadi tanpa sejumlah kondisi lain seperti di atas, maka Anda perlu berkonsultasi dengan dokter. Perubahan warna puting payudara ini bisa terjadi seiring waktu dan kondisi. Hal ini sesungguhnya tak berbahaya namun jika cemas, segera berkonsultasi dengan dokter.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.