6 Hal yang Perlu Dihindari Saat Berolahraga Agar Dapatkan Hasil Optimal

  • Bagikan
Hal yang Perlu Dihindari Saat Berolahraga Agar Dapatkan Hasil Optimal
ilustrasi

PortalMadura.Com – Salah satu aktivitas harian yang tidak boleh terlupakan, yaitu olahraga. Kendatipun dapat menyehatkan tubuh, ternyata ada beberapa hal yang tidak dianjurkan untuk dilakukan setelah selesai berolahraga. Namun, ada pula beberapa aturan yang juga dilarang dikerjakan saat olahraga.

Larangan ini bukan termasuk hal yang menyeramkan. Hanya saja bertujuan untuk membuat olahraga yang Anda lakukan menjadi lebih efektif. Apalagi kegiatan sehat ini memang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kebugaran tubuh. Untuk itu, demi mendapatkan hasil yang optimal, Anda dianjurkan untuk melakukan pemanasan dan pendinginan saat sebelum maupun setelah berolahraga.

Akan tetapi ternyata, tidak hanya itu saja. Menurut dr Yusra Firdaus, ada banyak hal yang tidak sadar Anda lakukan yang membuat olahraga justru tidak efektif. Apa saja itu?.

Berikut enam hal yang bisa membuat olahraga Anda tidak efektif:

Berolahraga saat Mengalami Cedera
Saat sedang olahraga, terkadang Anda merasakan rasa nyeri ringan. Hal ini wajar terjadi saat olahraga. Namun, bila nyeri yang terasa mengganggu bahkan menjurus seperti cedera, jangan diabaikan. Lebih baik hentikan sejenak olahraga untuk melihat apa kemudian nyeri tersebut hilang.

Jika rasa sakit terus berlanjut, disarankan untuk menghentikan olahraga agar tidak terjadi cedera yang lebih buruk. Memaksakan diri tetap berolahraga saat cedera hanya membuat kondisi kesehatan memburuk.

Mengikuti ‘Gaya’ Olahraga Orang Lain
Berolahraga di tempat ramai seperti taman, lapangan, atau tempat fitness, Anda akan bertemu banyak orang dengan berbagai macam teknik olahraga yang dilakukan.
Mereka yang jarang berolahraga, mungkin akan meniru gaya dan teknik olahraga orang lain di sekitar. Padahal justru hal ini dapat membuat olahraga Anda jadi tidak maksimal.

Pasalnya, teknik yang ditiru belum tentu tepat untuk Anda, sekalipun orang yang ditiru terlihat punya badan yang atletis. Melakukan pengamatan memang cara yang baik bagi pemula, tapi tetap ingat bahwa cara yang berhasil pada orang lain belum tentu demikian pada tubuh Anda.

Terlalu Asyik dengan Gadget
Bermain gadget adalah hal yang dilarang saat olahraga. Pasalnya, Anda akan kehilangan banyak waktu bila terlalu fokus pada gadget. Sebaiknya, simpan gadget dan jauhkan diri dari keinginan untuk mengecekanya, jangan sampai kehilangan fokus pada olahraga yang sedang Anda lakukan.

Jadi Ajang Kumpul-kumpul
Tentu saja menyenangkan bisa bertemu dengan teman-teman saat sedang berolahraga. Sekadar berjabat tangan, menyapa, dan bertanya kabar mungkin tidak masalah. Namun bukan berarti memperpanjang obrolan. Tetap fokus, biarkan tubuh membakar semua tumpukan lemak terlebih dahulu, baru lanjutkan obrolan ketika telah selesai berolahraga.

Memaksa Olahraga Meski Sedang Sakit
Selalu perhatikan kondisi kesehatan selama melakukan latihan. Bila merasa pusing, mual, maupun tidak dalam kondisi yang prima untuk berolahraga, sebaiknya hentikan olahraga. Beristirahat adalah pilihan terbaik saat itu. Hindari terlalu memaksakan diri dalam berlatih, pastikan untuk menjaga kesehatan sebagai prioritas nomor satu.

Lupa Minum Air Putih Selama Olahraga
Saat berolahraga tubuh akan kehilangan banyak cairan, maka disarankan untuk mencegah dehidrasi dengan selalu konsumsi air putih setiap beberapa menit sekali. Terutama saat cuaca dalam keadaan panas. Tubuh yang kekurangan cairan dapat memicu munculnya penyakit-penyakit seperti pusing, kram perut, dan mual.

Pastinya tujuan olahraga yakni untuk menyehatkan tubuh, jangan sampai kekurangan cairan menghalangi Anda mendapatkan tubuh yang sehat. (kompas.com/Salimah)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.