6 Hikmah Silaturahmi dalam Islam yang Perlu Diketahui

Avatar of PortalMadura.com
Hikmah silaturrahmi
Ilustrasi
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Menjalin silaturrahmi antar sesama manusia sangat dianjurkan karena hal itu merupakan salah satu bentuk ibadah yang sangat di sukai Allah SWT. Sebagai umat beragama, sudah seharusnya saling bersilaturrahmi satu sama lain, tidak harus memandang agama, status sosial atau pekerjaan.

Dalam Islam, silaturrahmi bukan hanya dianjurkan tapi juga perlu di jaga. Bahkan hikmah silaturrahmi disebutkan dalam firman Allah SWT yang berbunyi: “Dan bertakwalah kepada Allah SWT yang dengan (mempergunakan) nama-Nya, maka kamu saling meminta satu diantara yang lainnya dan (peliharalah) hubungan silaturahmi. Maka sesungguhnya Alloh SWT akan selalu menjaga dan mengawasi kamu”. (Q.S An-Nisaa’: 1).

Dari sabda di atas, menunjukan jika menjaga silaturahmi antar sesama manusia akan menumbuhkan banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan. Oleh karena itu, ada beberapa hikmah silaturahmi dalam islam yang tentunya membawa hikmah positif bagi kehidupan anda dan umat manusia lainnya. Penasaran?.

Berikut ini ulasannya:

Merekatkan Tali Persaudaraan
Hikmah bersilaturahmi dalam islam yang pertama adalah dapat merekatkan tali persaudaraan antar umat manusia lainnya. Dimana sebagai mahkluk sosial, tentu kehidupan manusia tidak lepas dari manusia lainnya, baik itu dalam kondisi apapun, dimanapun, dan kapanpun. Dengan selalu menjalin silaturahmi tentu persaudaraan antar manusia pun juga akan terjalin hingga akhir hayat nanti.

Bahkan seseorang yang telah terpisahkan dalam tempo waktu yang lama pun, dengan jalan silaturahmi yang tetap dibangun. Maka keduanya akan terus berhubungan baik dan bahkan saling membutuhkan satu sama lain meskipun tidak saling bertemu. Seperti sabda Rasulullah SAW di bawah ini:

Baca Juga:  Ini Perbedaan Santet, Teluh, Tenung dan Guna-guna

“ Orang yang menghubungkan tali persaudaraan (silaturahmi) bukanlah orang yang membalas hubungab baik. Melainkan, orang yang menghubungkan tapi persaudaraan (silaturahmi) adalah orang yang ketika persaudaraannya diputus, maka ia akan menghubungkannya kembali”. (HR. Bukhari).

Membukakan Pintu Rezeki
Seperti yang telah dijanjikan oleh Allah SWT, dimana orang yang selalu menjalin silaturahmi antar umat manusia, maka ia akan dipermudahkan dalam segala urusan termasuk dalam hal mendapatkan rezeki.

Rasulullah pun bersabda: “Barangsiapa yang senang dilapangkan jalan rezekinya dan dipanjangkan ajalnya (dipanjangkan umurnya), maka hendaklan ia menyambung tali silaturahmi antar sesama”. (H.R Bukhari).

Memperpanjang Usia
Selain membukakan pintu rezeki, orang yang suka menjalin hubungan persaudaraan (silaturahmi) dengan sesamanya, maka ia akan diperpanjang usianya. Hal ini juga dijelaskan dalam sabda Rasulullah SAW yang artinya: “Barangsiapa yang senang dilapangkan jalan rezekinya dan dipanjangkan ajalnya (dipanjangkan umurnya), maka hendaklan ia menyambung tali silaturahmi antar sesama”. (H.R Bukhari).

Memperluas Persaudaraan Antar Sesama
Dengan menjalin silaturahmi tentu akan memperluas persaudaraan di antara sesama manusia lainnya. Dimana ketika anda memiliki satu teman dan teman tersebut mengajak Anda bertandang ke rumah teman satunya.

Maka secara tidak langsung Anda akan tahu dan mengenal teman tersebut dan lama-lama akan menjadi akrab seiring jalinan silaturahmi yang Anda bangun. Dengan keutamaan menyambung tali silaturahmi sesama manusia tentu persaudaraan pun juga akan semakin luas.

Baca Juga:  Niat dan Tata Cara Puasa Zulhijah

Saling Mengenal Satu Sama Lain
Pernahkan Anda bertemu dengan seseorang yang sebelumnya belum Anda kenal dan Anda hanya diam saja? Ya, hal tersebut memang karap terjadi di kehidupan Anda sehari-hari. Namun bayangkan jika saat itu Anda memutuskan untuk menjalin silaturahmi dengan cara mengajaknya berkenalan. Tentu rasa saling mengenal satu sama lain pun akan tercipta di antara keduanya dengan hukum silaturahmi menurut islam yang benar.

Menambah Ilmu
Saat silaturahmi Anda jalankan tentu berbagai hikmah juga akan Anda dapatkan, salah satunya bisa menambah ilmu dan memperluas pengetahuan. Saat Anda bertemu dengan keluarga, teman, ataupun sanak saudara lainnya tentu mereka akan memiliki cerita, pengalaman hidup, bahkan pengetahuan yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Saat silaturahmi terjalin, tentu berbagai ilmu pun akan tercurah satu sama lain yang mana bisa menambah ilmu pengetahuan, wawasan bahkan cerita pengelaman hidup Anda saat ini. (dalamislam.com/Desy)

Ikuti Berita Terbaru Dari PortalMadura.com di  Google Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.