oleh

6 Jenis Mainan Ini Bantu Ajarkan Nilai Esensial Kehidupan Pada Anak

PortalMadura.Com – Hampir setiap anak suka bermain, dan ada alasan yang baik mengapa anak harus bermain, karena itulah cara anak belajar. Saat bermain, ia tak hamya bersenang-senang ia juga mengembangkan keterampilan hidup yang penting, terutama jika anak bermain bersama Anda selaku orang tua nya atau orang dewasa lainnya untuk mengajari anak ketika bermain.

Setiap kali anak bermain, ia dapat mempelajari sesuatu yang penting. Dilansir dari laman Popmama.Com, Senin (29/3/2021) berikut rekomendasi jenis mainan yang mengajarkan nilai esensial kehidupan:

Permainan Balok Susun

Bermain dengan balok-balok penyusun, dapat membantu anak Anda dalam mengembangkan keterampilan berpikir secara logis.

Permainan Dress Up

Banyak anak suka bermain-main dengan mendandani, tak hanya anak perempuan saja. Karena mainan ini memberi anak kesempatan untuk berpura-pura menjadi orang lain. Permainan ini memberi anak kesempatan untuk memperluas imajinasinnya dan menciptakan cerita yang meyakinkan.

Bermain Bola

Bermain dengan bola dan mainan olahraga lainnya membantu anak-anak baik laki-laki dan perempuan untuk mengembangkan koordinasi, keterampilan motorik halus dan kasar, kekuatan, dan kelenturan.

Bermain Role Playing

Role playing adalah mainan yang mendorong anak untuk bermain peran, permainan ini membantu meningkatkan imajinasi anak dan belajar bagaimana berinteraksi dengan dunia nyata. Anda bisa ikut bermain bersama anak sambil menekankan karakter yang positif dan membangun.

Bermain Alat-alat Musik

Mainan musik sangat bagus untuk mengajari anak tentang ritme, pendengaran, sensitifitas, dan banyak lagi. Baik anak hanya mendengarkan musik atau memainkan musik itu sendiri, ia mengembangkan semua jenis keterampilan yang akan membantunya di kemudian hari.

Mainan Pasir dan Air

Bermain pasir dan air sangat penting untuk mengenalkan anak pada sains dan matematika sebelum memasuki usia sekolah dasar. Anak Anda dapat mempelajari berbagai jenis bahan-bahan, seperti cairan dan padatan.

Rewriter : Raudatul Fitrah
Sumber : Popmama.Com

Komentar