oleh

Lindungi Ponsel Android dari Serangan Hacker dengan 4 Cara Ini

PortalMadura.Com – Saat ini ponsel Android sudah menjadi gaya hidup sebagian besar masyarakat. Bahkan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa bisa mengakses ponsel jenis ini. Namun, dibalik kemudahan yang dimiliki ada juga kelemahan yang bisa merugikan orang lain.

Salah satu contohnya yaitu banyaknya penjahat siber atau hacker yang menyasar perangkat ponsel android untuk beragam kepentingan. Oleh karena itu, lindungi ponsel android Anda dengan beberapa cara ini. Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman detik.com, berikut penjelasannya:

Rajin Update

Pertama, pastikan smartphone update dengan pembaharuan sistem operasi terkini. Pastikan ponsel Anda up to date dengan pembaharuan firmware sistem operasi terbaru yang akan menjaga ponsel Anda terlindungi dari ancaman terkini.

Jadi jangan malas, langsung saja update jika ponsel Android memberi pembaharuan software paling anyar. Biasanya update akan diberitahukan secara otomatis. Tapi tidak ada salahnya sekali-sekali mengecek di setting untuk melihat apakah ada update terbaru.

Download Password Manager

Download aplikasi Password Manager akan sangat membantu mengontrol password yang digunakan di banyak layanan. Password manager dapat menyarankan password yang kuat dan memantau apakah kalian memakai password yang sama di website lain. Selain itu bisa pula memantau semua gadget yang dipakai serta browser.

Download Aplikasi Anti Virus

Dewasa ini, banyak vendor anti virus kenamaan membuat aplikasi mobile untuk mengamankan ponsel Android. Cukup pilih dari perusahaan yang sudah bereputasi tinggi untuk melindungi smartphone, misalnya Norton, Bitdefender atau Kaspersky.

Tidak ada salahnya pula membaca review anti virus mana yang paling ampuh.

Buat Password yang Kuat

Membuat password yang kuat di aplikasi atau layanan apapun mutlak diperlukan. Jangan mau gampangnya saja dengan memilih password yang mudah diingat atau berhubungan erat dengan diri kita. Hacker bakal dengan mudah menebaknya.

 

Rewriter : Desy Wulandari
Sumber : Detik.Com

Komentar