oleh

6 Jenis Makanan ini Mengandung Kalium Tinggi Baik Untuk Tubuh

PortalMadura.Com – Kalium merupakan salah satu jenis elektrolit yang memiliki peran penting bagi kesehatan tubuh. Fungsi kalium antara lain adalah untuk menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh, memastikan fungsi otak, saraf, otot, dan jantung bekerja secara normal.

Kalium merupakan salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh, sehingga perlu dikonsumsi secara teratur. Makanan yang mengandung kalium sangat mudah ditemukan, dan dapat ditambahkan dalam menu makanan sehari-hari.

Gempur Rokok Ilegal Pemkab Sumenep

BACA : Jelang Liga 3 Jatim 2021, Madura FC Masih Butuh Empat Laga Uji Coba

Dilansir dari laman Alodokter.Com, Rabu (16/12/2020), berikut makanan yang mengandung banyak kalium yang baik untuk tubuh:

Kentang

Dalam satu buah kentang, terkandung 600 mg kalium. Kentang juga menyediakan berbagai nutrisi lainnya, termasuk karbohidrat, vitamin B6, vitamin C, serat, dan zat besi.

Alpukat

Satu buah alpukat mengandung kalium sekitar 900 mg. Alpukat dapat dicampur dalam beragam jenis makanan, atau dijadikan jus bersama dengan pisang, air kelapa, dan yogurt rendah lemak.

Pisang

Tiap satu buah pisang mengandung sekitar 420 mg kalium. Kandungan karbohidrat kompleks dan serat di dalamnya juga mampu membuat perut terasa kenyang lebih lama serta membantu meningkatkan energi. Selain itu, pisang juga mengandung nutrisi penting lain, seperti antioksidan, vitamin B6, dan vitamin C.

Kacang merah

Dalam 100 gram kacang merah, terkandung sekitar 600 mg kalium. Setelah direbus, kacang merah bisa dikonsumsi secara langsung ataupun dicampurkan ke dalam salad. Pilihan lain yang juga kaya akan kalium adalah kacang kedelai dan edamame.

Tomat

omat segar merupakan salah satu sumber kalium. Namun, tomat yang sudah diolah menjadi saus, atau tomat yang sudah dikeringkan mengandung lebih banyak kalium. Kandungan kalium pada semangkuk tomat kering dapat mencapai 1800 mg. Selain tinggi kalium, tomat kering juga kaya akan nutrsi lain, seperti serat, protein, likopen, dan vitamin C yang sangat baik untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Ubi

Kandungan kalium dari satu buah ubi ukuran sedang bisa mencapai 700 mg. Apalagi kalori ubi tergolong lebih rendah dan dilengkapi dengan serat, karbohidrat, vitamin C, serta beta karoten yang bermanfaat bagi tubuh.

Dapatkan Berita terbaru dari kami via Telegram

Komentar