6 Jenis Makanan Ini Perlu Dihindari Penderita Batu Ginjal

Avatar of PortalMadura.Com
6 Jenis Makanan Ini Perlu Dihindari Penderita Batu Ginjal
ilustrasi

PortalMadura.Com – Fungsi ginjal adalah menyaring kotoran di dalam darah, untuk dibuang bersama air kencing. Sayangnya, kebanyakan orang tidak menyadari bahwa mereka memiliki batu ginjal hingga sampai pada tahap yang serius.

Salah satu penyebabnya, bisa dari kandungan mineral yang terdapat pada beberapa jenis yang mereka konsumsi. Sehingga, pembatasan makanan tertentu efektif untuk mencegah terbentuknya kristal tersebut. Pasalnya, mengalami penyakit ini memang sangat menyakitkan.

Untuk itu, bagi seseorang yang memiliki batu ginjal, asupan makanan perlu dijaga. Berikut ini jenis-jenis makanan yang perlu dibatasi:

Bayam
Pakar nutrisi dari Mumbai, India, Deepshikha Agarwal, menyarankan agar membatasi makan bayam pada orang dengan batu ginjal.

“Bayam mengandung oksalat yang mengikat kalsium dalam membentuk batu pada ginjal. Bila makan bayam dalam porsi banyak, itu akan memperburuk kondisi,” ungkapnya.

Jika memang ingin makan bayam, direkomendasikan hanya seminggu sekali atau dua kali mengonsumsi makanan tersebut.

Tomat
Makanan tinggi oksalat lain adalah tomat. Bila memang dalam kondisi mendesak mengonsumsi sayur ini, ada baiknya untuk tidak mengonsumsi bijinya.

Cokelat
Makanan kesukaan banyak orang ini tinggi oksalat. Sehingga tidak boleh dikonsumi terlalu banyak, terlebih oleh pasien batu ginjal. Batasi hanya sekali per minggu.

Teh
Bagi orang normal mengonsumsi teh memang memiliki banyak manfaat. Namun, bagi orang sebaiknya membatasi teh agar tidak membuat ukuran batu membesar.

Makanan Laut
Orang dengan batu ginjal sebaiknya membatasi asupan makanan laut, daging, dan protein hewani lainnya. Karena, di dalam makanan tersebut terdapat purin yang bisa meningkatkan produksi asam urat, sehingga membantu memperbesar batu ginjal.

Makanan Asin
Orang yang menderita batu ginjal, sebaiknya membatasi asupan garam. Di dalam garam ada kandungan natrium yang menyebabkan berlebih jumlah kalsium dalam urine.

Kelebihan kalsium dalam urine ini bisa mengikat oksalat (dari makanan lain) yang menyebabkan pembentukan batu ginjal. (liputan6.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.