6 Jenis Susu Rempah yang Punya Khasiat Sehat untuk Tubuh

Avatar of PortalMadura.Com
6 Jenis Susu Rempah yang Punya Khasiat Sehat untuk Tubuh
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Susu merupakan salah satu minuman yang lebih enak dikonsumsi hangat apalagi jika dinikmati saat cuaca dingin. Akan lebih nikmat lagi saat ditambahi sejumput bubuk rempah atau geprekan rimpang herbal.

Selain menghangatkan tubuh, tentunya minuman hangat ini juga mempunyai khasiat untuk kesehatan tubuh. Nah, ini beberapa kombinasi susu dengan beberapa rempah yang bermanfaat bagi tubuh. Apa saja?

Berikut daftarnya:

Susu Kunyit
Nutrisi alami dari kunyit yang disebut dengan lipopolisakarida membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu melawan infeksi dalam tubuh secara lebih baik. Hal ini beriringan dengan susu yang juga bersifat anti bakteri, anti virus, dan anti inflamasi.

Selain itu susu kunyit juga berkhasiat mengobati batuk demam, membersihkan liver, menyehatkan pencernaan, mencegah sembelit, membersihkan darah, mengurangi radang sendi, dan meringankan nyeri haid.

Susu Kayu Manis
Penambahan kayu manis pada susu tidak hanya menghasilkan aroma yang lezat, namun juga berkhasiat untuk mengendalikan kadar gula darah tanpa memberikan kalori tambahan. Susu kayu manis juga baik untuk pencernaan, membantu mengontrol kadar gula dalam darah, dan juga baik untuk kesehatan rambut dan kulit.

Untuk membuat susu kayu manis, Anda bisa merebus susu dengan satu ruas kayu manis atau menambahkan kayu manis bubuk pada susu yang sudah masak.

Susu Jahe
Susu dengan jahe geprek dikenal sebagai minuman penghangat tubuh. Cocok untuk mereka yang sedang masuk angin atau kesehatannya menurun. Selain menghangatkan, susu jahe juga efektif utnuk memperbaiki sistem imun, meningkatkan kelancaran pencernaan, mencegah osteoporosi, dan menyamankan tenggorokan yang sakit.

Untuk mendapatkan rasa hangat yang maksimal, gunakan jahe merah yang berukuran besar dan masih segar. Seduh dengan susu panas atau rebus bersama tidak jadi masalah.

Susu Pala
Khasiat utama nutmeg adalah membantu agar Anda bisa tidur lebih nyenyak. Dikombinasikan dengan susu yang berkhasiat sama, cocok untuk mereka yang sulit tidur sampai berhari-hari.

Selain membuat tidur lebih pulas, susu dengan campuran pala juga bisa menghangatkan tubuh,mencegah kanker, meringankan nyeri pada arthritis, membantu melancarkan pencernaan, merawat kesehatan mulut, mengatasi kegelisahan, dan bisa membantu perawatan eczema.

Susu Merica
Tahukah Anda, ramuan STMJ (Susu Telur Madu Jahe) kadang juga ditambahkan merica agar lebih hangat di badan.

Menambahkan sejumput merica halus ke dalam susu hangat juga bisa memberikan berbagai manfaat kesehatan. Antara lain mengatasi migrain, meredakan flu, menyamankan tenggorokan yang sakit, mengurangi infeksi, meningkatkan imunitas, mencegah kanker, dan menguatkan tulang.

Susu Kapulaga
Ingin olahan susu yang sedikit berbeda? Tambahkan sedikit kapulaga dan jadilah elaichi milk. Menambahkan kapulaga ke dalam susu akan membuat susu jadi lebih sehat. Sebab kapulaga memiliki sifat antiseptik, antispasmodik, dan karminatif yang sangat baik.

Minum susu kapulaga akan menjadikan pencernaan lancar, mengurangi inflamasi pada perut, menjadikan napas lebih lega, dan menghangatkan tubuh.

Itulah aneka minuman susu rempah yang bisa Anda konsumsi untuk menghadapi cuaca dingin sekaligus menyehatkan tubuh. Kombinasikan dengan makanan sehat bergizi seimbang agar kebugaran tubuh senantiasa terjaga. (merdeka.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.