oleh

6 Khasiat Kulit Buah Delima untuk Perawatan Kecantikan

PortalMadura.Com – Buah delima merupakan buah yang memiliki kandungan gizi cukup tinggi. Buah ini cukup mudah untuk ditemukan di mana saja, salah satunya seperti di kawasan Indonesia. Buah delima banyak memberikan manfaat baik bagi tubuh, bukan hanya buahnya saja yang memiliki manfaat, akan tetapi kulit dari buah delima juga banyak manfaat bagi kecantikan.

Namun, sebelum digunakan sebaiknya terlebih dahulu kulit buah delima jadikan bubuk. Adapun cara pembuatan bubuk kulit delima, dilansir PortalMadura.Com, Senin (16/03/2020), dari laman liputan6.com, yaitu:

Terlebih dahulu, potong kulit delima menjadi dua bagian, kemudian letakkan kulit delima pada piring atau kain yang bersih jangan ditumpuk.

Selanjutmya, jemur di bawah sinar matahari hingga seluruh cairan di dalamnya menjadi kering. Proses ini dapat memakan waktu hingga 2 hari atau lebih. Setelah kering, tumbuk atau giling hingga jadi bubuk. Baru disimpan di wadah kedap udara. Lalu, bubuk kulit delima bisa Anda aplikasikan di rumah.

Adapun manfaat kulit buah delima bagi kecantikan yaitu:

Mencegah Keriput

Kulit delima memiliki zat yang dapat melindungi kulit wajah dari penuaan dini.

Cara pemakaian, ambil 2 sendok makan bubuk kulit delima, tambahkan susu, aduk hingga menjadi pasta. Oleskan pada wajah dan biarkan hingga kering. Setelah itu, basuh muka dengan air hangat. Lakukan dua kali dalam seminggu.

Sebagai Pelembab Alami

Manfaat kedua dari kulit delima, bisa mengembalikan keseimbangan kadar pH pada kulit. Kandungan asam ellagic-nya yang ada di dalamnya dapat mempertahankan kadar kelembaban alami kulit.

Cara pemakaian, ambil bubuk kulit delima, lalu campurkan dengan satu sendok yoghurt hingga berbentuk pasta. Oleskan pada wajah dan leher, diamkan 10 menit, setelahnya basuh muka dengan air dingin.

Menghilangkan Jerawat dan Kulit Kemerahan

Kulit delima juga memiliki kandungan antioksidan yang bisa melindungi wajah dari kulit dan mengempiskan jerawat yang tumbuh di wajah. Cara pemakaian, ambil bubuk kulit delima, campur dengan air mawar atau sari lemon, tempelkan di wajah, terutama bagian yang berjerawat. Biarkan beberapa saat, lalu basuh.

Cegah Ketombe dan Rambut Rontok

Cara pemakaian, campur bubuk kulit delima dengan minyak rambut, oleskan pada akar rambut lalu pijat-pijat. Selanjutnya diamkan selama kurang lebih 2 jam, lalu keramas dengan sampo lembut.

Baca Juga : 10 Manfaat Buah Delima bagi Kesehatan

Sebagai Tabir Surya

Cara pemakaian, campurkan bubuk kulit delima dengan krim kulit, oleskan ke bagian tubuh yang diinginkan, biarkan 20 menit sebelum keluar rumah.

Sebagai Scrub Wajah

Kulit delima juga bisa membantu mengangkat sel kulit mati dari wajah. Cara pemakaian, campur satu sendok makan gula merah dengan dua sendok makan bubuk kulit delima, selanjutnya, tambah satu sendok madu dan satu sendok minyak nabati, aduk sampai menjadi pasta.

Setelah itu, gosok dengan lembut dan pijat pada kulit wajah. Diamkan sejenak, basuh dengan air mengalir, lalu tambahkan toner.

Itulah manfaat kulit delima bagi kecantikan, salah satunya bisa menghilangkan jerawat dan kulit kemerahan. Semoga bermanfaat!

Rewriter : Azizah
Sumber : Liputan6.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar