oleh

6 Khasiat Mandi Sauna untuk Kesehatan Tubuh

PortalMadura.Com – Sauna merupakan suatu ruangan kecil yang dirancang agar pengguna dapat menikmati aktivitas mandi uap, atau pemanasan tubuh, baik secara basah ataupun kering. Umumnya ruangan ini terdapat di klinik atau salon kecantikan.

Sebenarnya sauna bukan hanya bermanfaat bagi kecantikan kulit tapi ternyata juga bagi kesehatan. Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Kamis (22/8/2019) dari laman liputan6.com yang mengutip dari Prevention. Lantas apa saja manfaat sauna bagi kesehatan?

Berikut ini penjelasannya:

Sauna Sama Seperti Olahraga

Awal tahun ini, para peneliti di Jerman menemukan bahwa mengikuti sesi sauna selama 25 menit sama melelahkannya dengan olahraga ringan. Dalam penelitian menunjukkan, detak jantung dan tekanan darah peserta meningkat ketika mereka berada di sauna dan turun di bawah level awal mereka setelah mengikuti sauna.

Hasilnya sama dengan penelitian terhadap orang yang mengendarai sepeda stasis pada intensitas sedang. Pada dasarnya, panas yang diberikan sauna membuat jantung Anda seperti sedang berolahraga.

Sauna Baik untuk Kesehatan Mental

Jika Anda sedang jenuh dengan rutinitas perawatan diri, cobalah lakukan sauna. Menurut ahli jantung dan profesor di University of Eastern Finland, Jari A. Laukkanen, hasil studi menunjukkan bahwa sauna meningkatkan keseimbangan sistem saraf otonom jantung dan membuat detak jantung menjadi lebih baik ucap. Artinya, sesi sauna dapat menghasilkan relaksasi tubuh dan pikiran.

Baca Juga: Pelantikan DPRD Sumenep Disambut Aksi Mahasiswa

Loading...

 Sauna Menjaga Tekanan Darah

Dalam studi tahun 2017 yang dilakukan oleh Laukkanen dan rekannya, pria yang pergi ke sauna 4 hingga 7 kali seminggu memiliki risiko 50 persen lebih rendah terkena tekanan darah tinggi. Dibandingkan dengan mereka yang hanya melakukan sauna sekali dalam seminggu.

Hal ini terjadi karena ketika suhu tubuh Anda naik di sauna, pembuluh darah Anda terbuka. Melakukan ini secara teratur membantu lapisan dalam pembuluh darah berfungsi lebih baik. Relaksasi yang Anda rasakan setelah sesi sauna dapat membantu menjaga tekanan darah Anda.

Sauna Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Satu sesi sauna selama 15 menit dapat meningkatkan berbagai sistem kekebalan tubuh yakni sel darah putih, limfosit, neutrofil, dan basofil. Para peneliti mengungkapkan, tekanan yang diberikan pada tubuh dari panasnya sauna memberi sistem kekebalan tubuh sedikit rintangan yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Sauna Meningkatkan Fungsi Jantung

Laukkanen dan rekannya melakukan penelitian lanjutan yang menemukan bahwa semakin sering seseorang pergi ke sauna, semakin kecil kemungkinan mereka akan meninggal karena serangan jantung atau penyakit jantung.

Karena sauna dapat meningkatkan kesehatan jantung dengan memperkuat dilatasi pembuluh darah, mengurangi kekakuan arteri, meningkatkan pengaturan sistem saraf otonom, dan menurunkan tekanan darah sistemik.

Sauna Menurunkan Risiko Stroke

Pria dan wanita yang melakukan 4 hingga 7 sesi sauna setiap minggunya memiliki kemungkinan 61 persen lebih kecil terserang stroke daripada yang hanya melakukan sauna sekali dalam seminggu.

Hubungan tersebut masih akan ada bahkan ketika mereka mengendalikan faktor-faktor risiko stroke seperti diabetes, indeks massa tubuh, konsumsi alkohol, dan aktivitas fisik.


Rewriter: Desy Wulandari
Sumber: liputan6.com

Komentar