oleh

6 Khasiat Nasi Jagung Untuk Kesehatan

PortalMadura.Com – Jagung merupakan bahan makanan pokok yang sudah tak asing di kalangan masyarakat. Salah satu olahan jagung yang sangat populer adalah nasi jagung. Nasi jagung menjadi makanan pokok di sejumlah daerah di Indonesia. Tak cuma sebagai makanan pokok, nasi jagung juga memiliki nilai gizi yang lebih tinggi dibanding nasi putih. Nasi jagung lebih kaya akan vitamin, mineral, dan serat. Masyarakat semakin menyadari manfaat nasi jagung bagi kesehatan sangat banyak.

Dilansir dari laman Liputan6.Com, Senin (22/6/2020) berikut manfaat nasi jagung untuk kesehatan.

Kaya Serat
Jagung, mirip dengan banyak biji-bijian, kacang-kacangan, dan sayuran yang mengandung serat makanan. Serat dapat membantu pencernaan dan mengurangi risiko sembelit.

Bebas Gluten Secara Alami
Gluten adalah keluarga protein yang ditemukan dalam biji-bijian seperti gandum dan jagung. Kebanyakan orang bisa makan makanan berbasis gluten tanpa efek samping. Nasi jagung secara alami bebas gluten. Ini berarti mereka adalah alternatif karbohidrat yang cocok untuk orang yang harus menghindari gluten.

Sehatkan Mata
Nasi jagung mengandung lutein dan zeaxanthin, antioksidan penting untuk kesehatan mata. Keduanya ditemukan dalam konsentrasi tinggi di dalam retina, bagian mata yang mengubah cahaya menjadi sinyal yang dapat dipahami otak. Asupan lutein dan zeaxanthin yang lebih tinggi dengan risiko gangguan mata degeneratif yang lebih rendah, seperti katarak dan degenerasi makula terkait usia.

Cegah Anemia
Nasi jagung dapat membantu melindungi terhadap anemia defisiensi besi. Anemia adalah suatu kondisi di mana otot dan jaringan tidak menerima cukup oksigen untuk bekerja secara efektif. Gejala anemia termasuk kelelahan, kulit pucat, dan sesak napas. Nasi jagung juga kaya akan folat. Kekurangan folat juga dapat menyebabkan anemia, karena folat membantu tubuh membuat sel darah merah.

Mengontrol Diabetes
Jagung merupakan makanan tinggi serat dan bebas gluten. Makanan ini sangat cocok untuk penderita diabetes. Mengonsumsi jagung secara teratur mampu mengontrol kadar gula darah. Jagung merupakan makanan tinggi serat dan bebas gluten. Makanan ini sangat cocok untuk penderita diabetes. Mengonsumsi jagung secara teratur mampu mengontrol kadar gula darah.

Cegah Peradangan
Protein dan fitokimia yang ada di berbagai bagian jagung menawarkan perlindungan bagi tubuh Anda dari agen proinflamasi tersebut. mengonsumsi jagung dapat mengurangi sembelit, asma, radang sendi, penyakit usus, GERD, dan dermatitis.

Rewriter : Raudatul Fitrah
Sumber : Liputan6.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE