oleh

Kenali 5 Penyebab Mimisan Pada Anak

PortalMadura.Com – Mimisan kerap terjadi pada anak-anak. Hal ini dikarenakan pembuluh darah di hidung anak-anak lebih rapuh dan mudah pecah. Tak sedikit orang tua yang panik dan langsung membawa anaknya ke Dokter. Oleh sebab itu, penting bagi para orang tua untuk tetap tenang dan mengenali penyebab mimisan pada anak.

Dilansir dari laman Liputan6.Com, Senin, (22/6/2020) berikut penyebab mimisan pada anak yang perlu orang tua perhatikan.

Suhu Udara yang Tidak Baik
Salah satu penyebab mimisan pada anak karena suhu udara yang cepat berubah dari panas ke dingin atau sebaliknya. Penyebab mimisan muncul akibat cuaca yang kurang baik ini sama seperti dengan sebab infeksi. Perubahan cuaca yang kurang baik bisa menimbulkan flu yang kemudian membuat anak akan menyeka hidungnya. Ketika sekaan ini terlalu kuat, bukan tidak mungkin anak akan mimisan mengingat anak diketahui memiliki pembuluh darah di area hidung yang relatif lemah.

Sering Mengorek Lubang Hidung
Penyebab mimisan pada anak lainnya adalah sering mengorek lubang hidung. Anak-anak yang memiliki rasa ingin tahu yang besar terhadap benda-benda di sekitar mereka bukan tidak mungkin akan mengeksplorasinya bahkan secara tidak wajar. Mungkin sampai memasukkan benda tumpul ke dalam lubang hidung yang menjadi penyebab mimisan pada anak. Kebiasaan sering mengorek lubang hidung apalagi terlalu kuat akan mampu memicu timbulnya mimisan pula pada anak.

Hidung Terbentur Benda Keras
Penyebab mimisan selanjutnya adalah karena hidung terbentur atau terpukul benda keras. Jangankan pada mereka yang memiliki pembuluh darah di area hidung lemah, orang yang memiliki pembuluh darah di area hidung normal pun berpotensi mengalami mimisan ketika terjadi benturan maupun mendapat pukulan yang cukup keras.

Kelelahan
Penyebab mimisan selanjutnya juga bisa akibat kelelahan. Hal itu karena pembuluh darah yang relatif lemah. Ketika anak mengalami kelelahan, pembuluh darah yang lemah ini mudah sekali tegang lalu akhirnya pecah. Akibatnya mimisan tidak bisa terhindarkan. Hati-hati dengan penyebab anak sering mimisan satu ini.

Stres
Penyebab mimisan pada anak lainnya karena stres. Meskipun terbilang masih muda dan tidak mengerti masalah yang sesungguhnya, bukan berarti seorang anak tidak bisa merasakan tekanan atau menjadi stres. Stres yang dialami anak-anak ini bisa memicu munculnya mimisan di saat pembuluh darah saat usia anak-anak terutama di area hidung tergolong masih rapuh.

Rewriter : Raudatul Fitrah
Sumber : Liputan6.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar