oleh

6 Kue Kering Khas yang Selalu Ada Sebagai Suguhan Lebaran

PortalMadura.Com – Di momen-momen spesial kue kering kerap jadi ikon suguhan, utamanya saat Lebaran. Keberadaan kue kering rasanya adalah bagian penting dalam menambah kemeriahan Hari Raya Idul Fitri, kue khas pun bermunculan menjadi suguhan paling diminati, baik yang dibeli dari toko ataupun yang dibuat sendiri.

Kue kering merupakan jajanan yang memiliki rasa yang lezat dan awet pula, selain itu harga kue kering di pasaran juga terbilang cukup terjangkau, itulah yang membuat jajanan ini banyak diminati. Di berbagai daerah terdapat banyak macam kue kering, namun ada beberapa jenis kue kering yang nyaris ada di setiap daerah. Dilansir dari resepkoki.id, Senin (18/5/2021) inilah kue kering khas yang selalu ada untuk suguhan lebaran di setiap daerah :

Nastar

Kue kering bernama Nastar ini terbuat dari adonan tepung terigu, mentega dan telur yang diisi dengan selai buah nanas. Asal katanya dari bahasa Belanda ananas dan taart. Umumnya bentuk kue ini bulat-bulat dengan diameter sekitar 2 cm, di atasnya sering dihias dengan potongan kecil kismis atau cengkeh, dan baru-baru ini sering di ganti dengan parutan keju dan coklat batang. Seiring berkembangnya pengetahuan, kini kue nastarpun juga bisa dibuat dengan selai buah lain, misalnya stroberi, bluberi, dan lain-lain.

Putri Salju

Kue putri salju adalah sejenis kue kering yang berbentuk bulan sabit dan di atasnya diselimuti dengan gula halus seperti salju. Kue putri salju dibuat dari adonan tepung terigu, tepung maizena, mentega dan kuning telur yang dipanggang di dalam oven sampai matang dan di atasnya diselimuti dengan gula halus. Kue ini banyak digemari oleh orang-orang karena rasanya yang enak, gurih dan dingin ketika menggigitnya. Kue kering ini mudah sekali ditemui di pasaran dan toko kue, rasanya yang enak dan bentuknya yang cantik membuat kue kering ini banyak diminati oleh banyak orang.

Kue Kacang

Kue kering jenis ini termasuk pada kue kering yang wajib ada untuk suguhan hari raya. Rasanya yang tidak terlalu manis dengan tekstur yang gurih dan krispinya kacang, membuat jajanan ini menjadi favorit semua orang.

Kue Semprit

Kue semprit memiliki rasa yang manis dan gurih. Rasa kue semprit semakin nikmat karena teksturnya yang renyah. Kue semprit terbuat dari bahan dasar terigu, mentega, dan telur yang kemudian dipanggang dalam oven. Anda bisa menambahkan cokelat, keju, atau selai sebagai pelengkap rasa. Cara membuat kue semprit pun cukup mudah, yaitu dengan bahan yang telah disebutkan sebelumnya dan biasa dicetak berbentuk seseai dengan keinginan.

Kue Sagu

Jika umumnya kue kering dibuat dengan bahan dasar tepung, berbeda dengan kue kering yang satu ini, bahan utama dalaam pembuatan kue ini adalah tepung sagu, itulah yang membuat kue ini memiliki rasa, tekstur dan aroma yang khas dan berbeda dengan kue kering yang lain.

Kastengel

Siapa sih yang tidak kenal dengan kue kering jenis ini? hampir semua masyarakat di daerah Indonesia menyukai kue kering ini. Cara pembuatanya Adonannya mirip dengan salah satu kue populer lain yaitu adonan nastar. Bedanya adalah adonan kue kastengel dalam prosesnya menggunakan keju dan memang akan lebih enak jika kita menambahkan dan menggunakan keju dari Belanda. Rahasia dari rasa resep kastengel yang bervariasi adalah keju yang digunakan untuk membuatnya. Variasi keju yang digunakan tergantung selera, bisa menggunakan keju cheddar, keju edam, atau keju guda.

Jika Anda pecinta kue kering, pastilah Anda tidak akan asing dengan jenis kue kering diatas. Kue kering memang bukan hal yang wajib ada dalam hari raya, namun hampir semua orang pasti mempersiapkan berbagai kue kering dalam memeriahkan hari raya.

Rewriter : Fianolita Purnaningtias
Sumber : resepkoki.id

Komentar