6 Manfaat dan Cara Buat Masker Pepaya Sesuai Jenis Kulit

Avatar of PortalMadura.com
6 Manfaat dan Cara Buat Masker Pepaya Sesuai Jenis Kulit
Ilustrasi

PortalMadura.Com – sangat digemari karena semua wanita pasti ingin mempunyai kulit wajah yang bersih, putih, bahkan bebas dari jerawat. Oleh karena itu, mereka akan melakukan berbagai cara untuk mendapatkan hal tersebut. Mulai dari perawatan kecantikan di rumah dengan produk-produk yang ada di pasaran sampai melakukan perawatan di salon.

Namun ada cara mudah yang bisa Anda lakukan, yaitu dengan menggunakan buah pepaya sebagai yang bisa diterapkan di wajah. Pepaya merupakan buah tropis yang sering ditemukan. Buah ini kaya akan serat dan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Rasa yang manis dan tekstur lembut sehingga banyak orang yang menyukainya.

Buah pepaya sangat baik untuk tubuh, selain itu buah ini juga memiliki manfaat untuk kesehatan kulit. Perlu Anda ketahui, pepaya yang matang sering dijadikan masker wajah alami, dengan perpaduan bahan alami lainnya. Fungsinya sebagai mengobati berbagai masalah kulit.

Cara menggunakan masker pepaya sesuai dengan jenis kulit yang perlu Anda coba di rumah, melansir dari laman Liputan6.com Rabu (11/3/2020). Berikut tata caranya:

Masker Pepaya dan Madu untuk Kulit Kering

Anda bisa menggunakan campuran masker pepaya dengan madu. Madu memiliki sifat menghidrasi untuk kulit, yang memiliki manfaat antimikroba dan terapeutiknya. Mencampurkan pepaya dengan madu berfungsi untuk menjaga kulit lembut, kenyal, dan halus.

Caranya, potong 1/2 cangkir pepaya matang menjadi potongan-potongan kecil dan hancurkan. Lalu tambahkan 2 sendok teh susu murni dan 1 sendok makan madu ke pepaya yang telah dihaluskan. Aduk hingga rata sampai membentuk pasta halus.

Selanjutnya, oleskan masker di seluruh wajah dan leher, hindari bagian mata. Diamkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air bersih. Gunakan masker ini 1-2 kali seminggu.

Masker Pepaya dan Jeruk untuk Kulit Berminyak

Kandungan vitamin C yang ada di dalam jeruk dan pepaya sangat baik untuk kulit. Kandungan tersebut diyakini berfungsi sebagai zat alami untuk mengurangi minyak berlebihan pada wajah. Jeruk dan pepaya juga dianggap memiliki sifat mencerahkan kulit.

Cara pembuatan masker ini, potong pepaya matang menjadi potongan-potongan kecil. Peras 5-6 potong jeruk dan campur airnya dengan potongan pepaya. Aduk hingga pepaya hancur dan oleskan pada wajah secara merata. Biarkan selama 15 menit dan kemudian bilas dengan air. Gunakan masker ini 2 kali seminggu.

Masker Pepaya dan Lemon untuk Kulit Berjerawat

Lemon memiliki sifat antibakteri yang bisa membunuh bakteri penyebab jerawat. Vitamin C dalam air lemon mampu membersihkan kulit yang menyumbat pori-pori. Vitamin C juga bisa membantu mencegah kerusakan akibat sinar matahari dan photoaging.

Cara pembuatan masker ini, terlebih dahulu Anda potong 1/2 cangkir pepaya matang menjadi potongan-potongan kecil dan hancurkan. Lalu tambahkan 1 sendok teh madu, air lemon dan aduk hingga merata.

Kemudian, oleskan pada wajah sampi benar-benar merata, setelah itu, diamkan mengering selama 10-15 menit. Lalu bilas dengan air dingin. Gunakan masker ini 3 hingga 4 kali sehari.

Masker Pepaya, Pisang, dan Timun untuk Kulit Normal

Mentimun yang berfungsi untuk melembabkan dan menenangkan kulit. Bisa menunjukkan efek pemutih dan efek anti-jerawat dengan mengurangi kelebihan sebum. Sedangkan, pisang memiliki efek pelembab pada kulit. Tidak heran jika campuran buah pepaya, pisang dan timun dijadikan masker pepaya.

Cara membutnya, campurkan 1/4 cangkir potongan pepaya matang, 1/2 mentimun, dan 1/4 cangkir potongan pisang matang. Haluskan hingga membentuk konsistensi pasta yang lembut.

Selanjutnya, oleskan pasta ini ke wajah dan leher, hindari pada area mata. Biarkan selama 15 menit. Setelah 15 menit bilas dengan air hangat terlebih dahulu, dan ikuti dengan bilas terakhir menggunakan air dingin. Gunakan masker ini sekali setiap minggu.

Baca Juga : Hilangkan Flek Hitam di Wajah dengan Rutin Konsumsi Buncis

Masker Pepaya dan Susu untuk Kulit Kusam

Anda memiliki kulit kusam?. Tidak perlu khawatir Anda bisa menggunakan masker alami dengan campuran pepaya dan susu. Karena susu memiliki sifat exfoliating dan cleansing ringan yang dikaitkan dengan kandungan asam laktatnya.

Caranya, hancurkan 3-4 potong pepaya matang dan campur dengan susu hingga membentuk pasta. Lalu oleskan pasta secara merata ke wajah dan leher, hindari area mata. Biarkan mengering selama 15-20 menit dan kemudian bilas sampai bersih.

Ingat, jika Anda memiliki alergi terhadap susu, sebaiknya tidak perlu menggunakan masker ini. Sebagai gantinya, Anda bisa menambahkan satu sendok madu untuk masker ini.

Masker Pepaya untuk Kulit Berpori Besar

Kandungan zat astringent yang ada di dalam putih telur mampu mengecilkan pori-pori. Putih telur juga mengandung albumin yang bisa mengencangkan kulit kendur. Saat diaplikasikan pada wajah Anda, kulit akan terasa kencang dan pori-pori akan terlihat menutup.

Caranya, hancurkan 1/2 cangkir potongan pepaya matang. Kocok putih telur sampai berbusa. Lalu campurkan keduanya dan oleskan pada wajah dan leher. Biarkan masker hingga kering lalu bilas dengan air bersih. Gunakan masker ini seminggu sekali. Semoga bermanfaat!

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.