6 Manfaat Kulit Apel yang Jarang Diketahui

Avatar of PortalMadura.com
6 Manfaat Kulit Apel yang Jarang Diketahui
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Siapa yang tidak suka . Buah segar ini selain nikmat juga kaya akan manfaat lho. Tidak hanya buahnya saja, tetapi kulitnya juga mengandung banyak manfaat. Bila selama ini Anda mengonsumsi buah apel dengan mengupas kulitnya, sebaiknya dari sekarang perlu dipertimbangkan ya.

Seperti yang telah diketahui, apel mengandung vitamin dan mineral seperti vitamin C, kalium, serat, karbohidrat dan senyawa lain seperti quercetin, catechin dan asam klorogenik. Apel juga tinggi akan polifenol yang memiliki efek antioksidan. Nah, tahukah Anda, bahwa kandungan tersebutlah yang berada pada kulit apel dan dagingnya. Jelas bukan bila kulit apel dikupas, maka nutrisinya juga akan ikut terbuang.
Berikut beberapa manfaat yang terdapat pada kulit apel yang perlu Anda ketahui.

Mengandung Serat
Dalam kulit satu buah apel ukuran sedang memiliki sekitar 4,4 gram serat. Kulit apel memiliki serat larut dan tidak larut. Namun, ada sekitar 77 persen dari mereka yang merupakan serat tidak larut.

Hal tersebut berfungsi untuk mencegah konstipasi dengan mengikat air dan mendorong limbah pencernaan melalui usus besar. Di sisi lain, serat larut membuat Anda merasa kenyang, mencegah kenaikan gula darah dan memperlambat penyerapan nutrisi serta menurunkan kolesterol.

Penuh Vitamin
Kulit apel memiliki 8,4 mg vitamin C dan 98 IU vitamin A. Bila Anda mengupas kulit apel, maka akan mengurangi 6,4 mg vitamin C dan 61 IU vitamin A. Lebih dari separuh bukan nutrisi yang hilang ?

Mencegah Kanker
Sebuah studi dari Cornell University pada tahun 2007 menunjukkan senyawa yang disebut triterpenoids ditemukan dalam kulit apel. Senyawa ini memiliki kemampuan untuk membunuh sel-sel kanker, khususnya sel-sel kanker usus besar, payudara dan hati.

Meringankan Masalah Pernapasan
Kandungan quercetin dan flavonoid lebih banyak ditemukan di kulit daripada daging apel. Sebuah penelitian menemukan orang yang mengonsumsi lima atau lebih apel setiap pekannya, memiliki fungsi paru-paru yang lebih baik karena adanya quercetin.

Menurunkan Berat Badan
Kulit apel mengandung asam ursolat, senyawa penting yang dapat memerangi obesitas. Asam ursolat ini juga meningkatkan lemak otot, yang berguna untuk membakar kalori sehingga terhindar dari resiko obesitas.

Manfaat Gizi Lainnya
Menurut University of Illinois, kulit apel mengandung mineral penting seperti kalium, kalsium, folat, besi dan fosfor. Mineral tersebut memiliki fungsi yang berbeda di dalam tubuh seperti memelihara tulang hingga mengatur pertumbuhan sel dan menghasilkan sel darah yang sehat.

Itulah beberapa yang jarang diketahui. Semoga bermanfaat. (okezone.com/Nanik)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.