6 Manfaat Lavender Atasi Masalah Kulit

Avatar of PortalMadura.com
6 Manfaat Lavender Atasi Masalah Kulit
Ilustrasi (RumahHokie.com)

PortalMadura.Com – Bunga merupakan bunga yang berasal dari wilayah selatan Laut Tengah sampai Afrika Tropis dan ke timur sampai India. Bunga ini banyak dimanfaatkan sebagai tanaman hias, bahan kuliner, dan ekstrak minyak esensial untuk keperluan komersial.

Namun ternyata bunga ini tidak hanya bisa dimanfaatkan sebagai tanaman hias, tapi juga bisa dimanfaatkan sebagai perawatan untuk mengatasi masalah kulit.

Manfaat Lavender Atasi Masalah Kulit

Dilansir dari laman Jawapos.com, Jumat (22/5/2020) berikut enam manfaat bunga lavender untuk mengatasi masalah kulit:

Obati Eksim

Lavender mampu meringankan gejala gatal pada kulit nda efek dari adanya eksim yang menyebabkan kondisi kulit tidak nyaman. Selain itu, Lavender juga meredakan iritasi pada kulit karena lavender dapat meningkatkan kelembapan dan meningkatkan proses penyembuhan.

Sebelum menggunakan lavender ini sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu pada dokter spesialis kulit atau , agar bisa menjadi pertimbangan untuk Anda.

Sembuhkan Luka Bakar

Minyak lavender mengandung antiinflamasi dan antiseptik yang dapat membantu penyembuhan luka bakar. Selain itu, minyak lavender juga dapat mencegah infeksi, melawan gangguan jamur dan bakteri, serta merangsang proses penyembuhan. Jika Anda mengalami nyeri, maka menggunakan minyak lavender dapat meringankan rasa nyeri.

Cara penggunaan minyak lavender untuk luka bakar, cukup dengan oleskan minyak lavender pada kulit yang mengalami luka bakar, namun sebelum mengoleskan minyak lavender kompres luka dengan air dingin selama 10 menit.

Mengobati Jerawat

Kandungan anti-inflamasi dan antiseptik pada minyak lavender dapat melawan bakteri penyebab jerawat tanpa menyumbat pori-pori kulit. Selain melawan bakteri penyebab jerawat, minyak lavender ini juga dapat melindungi kulit dari iritasi, stres, serta menyeimbangkan kadar hormon.

Cara menggunakan minyak lavender ini pada jerawat Anda cukup dioleskan ke jerawat Anda menggunakan tangan ataupun kapas. Pastikan tangan Anda bersih dan kapas yang digunakan juga bersih.

Meredakan Sunburns

Kulit yang terbakar karena terpapar sinar matahari, maka menggunakan minyak lavender yang encer ke permukaan kulit dapat membantu mengurangi pembengkakan dan efek kemerahan karena terbakar sinar matahari.

Sebelum mengoleskan minyak ini, bilas wajah Anda dengan air dingin. Selanjutnya, campurkan minyak kelapa dengan minyak lavender lalu oleskan ke wajah Anda.

Detoksifikasi Kulit

Jika Anda memiliki aktivitas yang berlebih di luar rumah, maka wajah Anda akan rentan terpapar polusi. Kulit yang sering terpapar polusi akan lebih cepat mengalami tanda-tanda penuaan dini dan penampilan kasar.

Minyak lavender dapat membantu menghambat pertumbuhan bakteri kulit, sehingga mempercepat proses pembentukan sel-sel baru pada kulit wajah Anda.

Sebagai Toner

Manfaat terakhir dari minyak lavender ini dapat meningkatkan sirkulasi darah dan memberikan sel-sel kulit dengan oksigen dan nutrisi, sehingga membuat kulit lebih kencang.

Cara mudah membuat toner dari bunga lavender ini yaitu rebus 100 ml air dan tambahkan tunas lavender sehingga mereka benar-benar terendam.

Selanjutnya, tutup mangkuk dan biarkan sampai mendidih. Tunggu hingga dingin, masukkan ke dalam botol dan sebelum digunakan simpan di lemari es. Untuk mengaplikasikannya, cuci muka Anda hingga bersih lalu tuangkan air lavender pada kapas bersih, lalu usapkan secara merata ke wajah Anda.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.