oleh

6 Manfaat Meja Belajar Bagi Anak

PortalMadura.Com – Belajar dengan giat dan tekun merupakan salah satu tanggung jawab seorang anak. Tujuannya pun tidak hanya untuk mengejar prestasi semata, tapi juga menjadi bekal ketika dewasa nanti.

Namun, tidak sedikit dari orang tua yang menyadari bahwa anaknya malas belajar. Sebenarnya, hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, misalnya suasana hati hingga suasana tempat yang kurang mendukung untuk belajar.

Nah, untuk menciptakan suasana hati dan tempat yang sesuai harapan anak, orang tua bisa menyediakan ruangan belajar lengkap dengan meja belajar anak. Hal ini agar si kecil menjadi semangat untuk belajar. Selain itu, ada manfaat lain di balik keberadaan meja belajar.

Berikut ini enam manfaatnya:

Lebih Berkonsentrasi
Belajar menggunakan meja belajar dapat membuat anak lebih berkonsentrasi karena suasananya akan seperti di sekolah. Meja belajar anak sebaiknya ditempatkan di kamar tidur, karena jika ditempatkan di ruang keluarga atau ruang televisi, anak bisa terganggu konsentrasinya.

Mudah Menemukan Kebutuhannya
Meja belajar umumnya menjadi penyimpanan buku, menggantung tas, area yang luas untuk menempatkan komputer, dan berbagai laci untuk menyimpan barang pribadi anak. Hal ini tentu sangat memudahkan anak untuk memenuhi kebutuhannya. Si Kecil jadi tidak perlu beranjak dari tempat duduknya dan tetap bisa fokus belajar.

Tidak Mudah Lelah
Belajar dengan cara tengkurap, duduk di lantai atau tiduran di kasur pasti dapat membuat badan terasa pegal dan sakit. Jika sudah kesakitan tentu malas untuk belajar. Maka dari itu, sangat penting keberadaan meja belajar bagi anak. Kalau lelah karena lama duduk, anak bisa meregangkan badannya atau menggerakkan badan sambil mengambil minum dan camilan.

Belajar Bertanggung Jawab
Jika seorang anak memiliki meja belajar sendiri, maka dia akan belajar untuk bertanggung jawab pada barang-barang yang digunakan. Meja belajar seakan-akan menjadi wilayah kekuasaannya sendiri sehingga akan muncul kepedulian untuk membersihkan dan merapikan meja belajar.

Memperkenalkan Masa Depan
Orang tua bisa memperkenalkan kepada si kecil bagaimana dunia kerja yang nantinya dijalani sang anak. Ketika masih seorang pelajar, anak akrab dengan meja belajar. Selanjutnya ketika dia dewasa dan bekerja di perkantoran maka akan akrab dengan meja kerja.

Semangat Belajar
Dengan fasilitas seperti meja belajar dan suasana belajar yang sesuai dengan keinginan anak tentunya akan membuat anak semangat belajar. Tidak lagi ada alasan untuk malas belajar dan tidak semangat berprestasi. (liputan6.com/Salimah)


Komentar