8 Makanan yang Bisa Bantu Jaga Stamina Agar Tak Mudah Lelah

Avatar of PortalMadura.com
8 Makanan yang Bisa Bantu Jaga Stamina Agar Tak Mudah Lelah
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Pernahkah Anda merasa ngantuk di tengah kesibukan padahal jam tidur belum tiba bahkan masih lama? Bila pernah atau bahkan sering terjadi demikian, bisa jadi itu pertanda Anda untuk memulai mengubah pola makan.

Perlu Anda ketahui bahwa apa yang dimakan juga menentukan energi dan stamina tubuh. So, untuk cara mengatasinya, yakni dengan mengonsumsi makanan yang mampu mendorong energi. Sebab, sedikit saja perubahan kecil pada pola makan, akan mampu memberi perbedaan yang besar.

Tahukah Anda, makanan yang mengandung nutrisi seimbang dapat menstabilkan gula darah dan zat besi dalam tubuh. Asupan inilah yang membuat kita tak lagi merasa lelah saat menjalani hari.

“Mengonsumsi makanan dengan kombinasi protein, lemak, dan karbohidrat alami yang sehat membantu menjaga energi melalui vitamin dan mineral,” kata Velerie Goldstein, seorang pakar nutrisi.

Inilah mengapa energi kita seakan terkuras ketika mengonsumsi makanan yang tinggi kalori dan rendah nutrisi. “Ini adalah hasil akhir dari efek domino ketika kita mengonsumsi makanan dengan nutrisi yang kurang optimal,” kata Goldstein.

Berikut adalah makanan yang dapat membantu menjaga stamina Anda.

Rumput laut
Rumput laut mengandung yodium dan mineral penghasil energi. “Yodium membantu menciptakan energi melalui reaksi biokimia dan memaksimalkan hormon tiroid,” kata Goldstein.

Cobalah mengonsumsi rumput lut sebagai camilan harian Anda agar stamina tetap terjaga.

Almond
Almond mengandung vitamin B7, yang umumnya dikenal sebagai biotin.

Menurutnya, Zat ini yang membantu tubuh mengubah makanan menjadi energi. Tidak hanya itu, biotin membantu dalam metabolisme karbohidrat, lemak, dan protein.

Mengonsumsi segenggam almond sebagai camilan sore akan memberi energi tambahan.

Daging Sapi Tanpa Lemak
Daging sapi tanpa lemak adalah sumber utama zat besi dan mencegah terjadinya kelelahan karena anemia.

Menurut Goldstein, tubuh menggunakan zat besi untuk mempertahankan oksigen dalam darah dan mengangkutnya ke jaringan tubuh. Pada tingkat sel, zat besi digunakan untuk menghasilkan energi. Satu porsi daging sapi mengandung sekitar 12 persen kebutuhan harian kita.

Oatmeal
Oatmeal bisa kita konsumsi bersama yoghurt atau mengonsumsinya tanpa tambahan makanan yang lain. Oatmeal merupakan karbohidrat alami yang mengandung tiga zat yang meningkatkan energi, yaitu kalsium, serat dan protein. Satu porsi oatmeal dapat mengatasi rasa lapar dan mempertahankan rasa kenyang lebih lama.

Kerang
Kerang mengandung vitamin yang memproduksi energi, B12. Setiap tiga ons kerang mengandung lebih dari 100 persen kebutuhan harian kita. Vitamin B12 memainkan peran kunci dalam sistem saraf dan proses metabolisme tubuh. Zat ini juga menjadi bagian penting dari pola diet yang seimbang.

“B12 diperlukan untuk metabolisme energi dan tubuh tidak dapat membuatnya sendiri,” katanya.

Ia juga menambahkan vitamin B12 penting untuk mengubah makanan yang kita konsumsi menjadi energi.

Telur
Telur mengandung nutrisi dasar seperti protein, yodium, vitamin B6 dan B12. Alih-alih mengonsumsi kopi, Goldstein menyarankan untuk mengonsumsi satu porsi telur sebagai penambah energi. Hal ini adalah cara yang bagus untuk membangun energi sekaligus mendapatkan protein yang cukup.

Ayam
Konsumsi ayam bisa menambah C0Q10, koenzim yang dibutuhka untuk memfasilitasi 95 persen energi tubuh manusia. Koenzim ini juga diperlukan untuk menjaga kesehatan organ tubuh, termasuk jantung, hati, dan ginjal.

Organ tersebut merupakan organ yang membutuhkan energi tertinggi dari tubuh.
“CoQ10 memainkan peran penting dalam proses penciptaan energi sel,” katanya.

Seiring bertambahnya usia, tubuh menghasilkan CoQ10 dalam jumlah yang lebih sedikit. Jadi, penting untuk memasukan ayam sebagai menu diet harian kita. Setiap tiga ons daging ayam mengandung 1,4 miligram, yang akan membantu menjaga stamina, dimana setiap tiga ons ayam mengandung setidaknya 30 miligram energi.

Bayam
Menurut Goldstein, satu cangkir bayam mentah mengandung magnesium, mineral yang diperlukan tubuh kita dalam proses energi.

Namun, sebaiknya kita mengonsumsi bayam organik agar mendapatkan manfaat tersebut secara utuh.

itulah makanan yang bisa Anda konsumsi untuk membantu menjaga stamina Anda. (kompas.com/Nanik)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.