6 Produk Perawatan Kulit yang Harus Dihindari Bumil

Avatar of PortalMadura.com
6 Produk Perawatan Kulit yang Harus Dihindari Bumil
ilustrasi

PortalMadura.Com – Ketika hamil atau menyusui, Anda tidak hanya disarankan untuk lebih hati-hati dengan makanan yang dikonsumsi, melainkan juga pemakaian .

Walaupun menjaga atau merawat tubuh merupakan suatu hal yang penting. Namun, ada beberapa bahan yang berisiko membahayakan janin dan Ibu Hamil (Bumil). Bukan hanya itu, produk perawatan kulit juga bisa berbahaya bagi bayi dan ibu menyusui.

Sebab, kondisi kulit saat hamil dapat menjadi sangat sensitif sehingga bisa bereaksi terhadap bahan-bahan yang sebelumnya aman. Kadang produk perawatan kulit kesayangan mendadak jadi tidak bersahabat saat Anda sedang hamil. Apakah Anda mengalaminya?.

Selain itu, sebagian bahan yang terkandung dalam produk perawatan kulit juga mungkin dapat memengaruhi kehamilan serta Air Susu Ibu (ASI). Cek yuk, jangan-jangan ada kandungan bahan dalam produk perawatan kulit yang berisiko mengganggu kesehatan Bunda dan Si Kecil.

Cobalah cek daftar bahan yang terkandung dalam produk perawatan kulit yang Bunda pakai, apakah terdapat bahan yang perlu dihindari ibu hamil dan ibu menyusui, seperti berikut ini:

Tetracycline
Hindari antibiotik untuk perawatan jerawat ya Bun, karena dapat memengaruhi pertumbuhan tulang dan gigi bayi.

Hidrokinon
Jika dioleskan pada kulit, sebagian bahan yang ada kalanya digunakan dalam pemutih ini dapat terserap tubuh. Hal ini kemungkinan memengaruhi kondisi bayi dalam kandungan.

Benzoil Peroksida
Belum ada penelitian tentang efek bahan yang digunakan untuk menangani jerawat ini, namun Bunda disarankan untuk berkonsultasi dulu ke dokter sebelum menggunakannya.

Retinoid
Bahan ini kadang ditemukan dalam produk pencegah penuaan dan jerawat karena berperan mempercepat pembaruan kulit. Retinoid yang diminum lebih berbahaya daripada oles. Tetapi Bunda disarankan untuk menghindari keduanya.

Asam Hidroksi (hydroxy acids)
Bahan ini umumnya ditemukan dalam produk perawatan jerawat, kulit kemerahan, peradangan, juga beberapa produk pembersih dan pengelupas kulit. Pada kemasan biasanya ditulis sebagai Beta Hydroxy Acid (BHA) atau Alpha Hydroxy Acid (AHA). Selain itu, bisa juga ditulis sebagai asam salisilat (salicylic acid), asam glikolat (glycolic acid), dan asam laktat (lactic acid).
Jika Bunda mengalami jerawat akibat perubahan kadar estrogen, sebaiknya pilih obat antijerawat tidak mengandung asam salisilat atau mengandung bahan ini maksimal 2%.

Kedelai
Meski produk berbahan dasar kedelai umumnya tergolong aman, tapi bahan ini memiliki efek estrogenik. Efek ini dapat memperburuk bercak gelap pada kulit yang disebut melasma atau kloasma. Jika Bunda sudah lebih dulu mengalami melasma, sebaiknya hindari produk dengan bahan ini.

Titanium dioksida (titanium dioxide) dan seng dioksida (zinc oxide).
Bahan yang sering terkandung dalam tabir surya ini sebaiknya dihindari saat hamil, ya, Bun. Selebihnya, bahan-bahan lain dalam tabir surya umumnya aman digunakan.

Nah, sekarang Bunda sudah tahu bahan-bahan apa saja yang perlu diwaspadai saat hamil dan menyusui. Untuk meminimalkan risiko, coba oleskan sedikit produk perawatan, kemudian tunggu apakah ada reaksi hingga 24 jam ke depan. Kalau Bunda masih bingung dan tidak yakin akan keamanan suatu produk, konsultasikan ke dokter ya untuk mendapat kepastian dan alternatif bahan yang aman. (alodokter.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.