6 Tanda-Tanda Keguguran Hamil Muda yang Perlu Diwaspadai

Avatar of PortalMadura.Com
6 Tanda-Tanda Keguguran Hamil Muda yang Perlu Diwaspadai
ilustrasi

PortalMadura.Com – Siapa yang tidak mengenal istilah keguguran? Pasti semua kenal dan tidak ingin mengalaminya. Keguguran adalah suatu kejadian gugurnya janin yang ada dalam kandungan oleh sebab-sebab tertentu yang umumnya terjadi pada masa muda, ada baiknya Anda ketahui terlebih dahulu jenis-jenis keguguran yang kerap terjadi dialami oleh ibu hamil.

Pendarahan
Dapat berupa bercak-bercak saja hingga darah berwarna merah segar yang mengalir. Tapi, keluarnya bercak darah bukan berarti tanda keguguran. Banyak juga mama yang mengalami pendarahan di awal tidak mengalami risiko ini.

Kram
Rasa kram di perut bagian bawah dapat berarti peregangan otot ligamen namun juga pertanda awal keguguran. Periksa ke dokter, terutama jika kram terjadi hanya di satu sisi dan rasanya lebih sakit dari menstruasi. Apalagi jika dibarengi dengan pendarahan.

Sakit Punggung.
Saat kram perut Anda bisa juga merasakan sakit punggung. Hati-hati terutama jika terdapat pendarahan di saat bersamaan.

Keluar cairan dari vagina
Hal ini dapat berupa gumpalan darah atau cairan yang tidak biasa. Terkadang Anda mengira celana basah karena mengompol, namun yang Anda dapati bukanlah urin. Cairan yang keluar juga bisa berbau dan menyebabkan iritasi/rasa gatal. Jika yang keluar terlihat seperti jaringan janin, berwarna keabuan atau mengandung gumpalan darah, cobalah untuk menyimpannya dalam wadah untuk diperiksa dokter kandungan Anda.

Kehilangan gejala hamil
Setelah beberapa minggu mengalami mual, tiba-tiba anda merasa baik-baik saja. Hal ini berarti telah terjadi keseimbangan hormon. Jika Anda mengalami hal ini bersamaan dengan gejala lain, bisa berarti pertanda keguguran.

Hasil testpack berubah
Beberapa waktu lalu hasil tes hamil di rumah menunjukkan hasil positif. Namun hari ini ketika Anda melakukan tes dengan alat sama, hasilnya minus. Segera cek ke dokter Anda.

Demikianlah artikel tentang tanda-tanda keguguran hamil muda. Semoga tulisan sederhana di atas banyak manfaatnya.
(parenting.co.id/Diyah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.