6 Tanda WhatsApp Anda Disadap, Segera Cek!

Avatar of PortalMadura.com
6 Tanda WhatsApp Anda Disadap, Segera Cek!
Ilustrasi (Merdeka.com)

PortalMadura.Com – Sekarang ini, banyak orang menggunakan aplikasi dalam menunjang aktivitasnya. Dari saking banyaknya pengguna, aplikasi perpesanan ini kini menduduki peringkat satu di dunia dengan pengguna aktif mencapai lebih dari 1,5 miliar orang per hari.

Tidak hanya kalangan orang biasa saja, orang-orang penting dan berpengaruh pun juga memakai WhatsApp untuk berkomunikasi. Makanya, tidak heran kalau ada pihak-pihak yang membuat software jahat agar bisa menyadap komunikasi pribadi di WhatsApp.

Walaupun layanan ini sudah menerapkan enkripsi end-to-end, tapi ada saja tangan-tangan jahil yang tidak bertanggung jawab atas tindakannya hanya demi kepentingannya sendiri.

Lalu, bagaimana mengetahui kalau WhatsApp Anda telah disadap atau diakses pihak lain?. Berikut informasinya seperti dilansir Liputan6.com, yang dikutip dari blog Avira dan sejumlah sumber lainnya:

Pengguna Tidak Bisa Login

Tanda pertama yang bisa Anda kenali yaitu tidak bisa login. Sebagaimana yang diketahui, satu nomor telepon pada dasarnya hanya bisa dipakai di satu aplikasi WhatsApp atau biasa disebut dengan istilah single-device login.

Nah, jika mendadak Anda keluar atau log out dari aplikasi WhatsApp tanpa sadar, kemungkinan ada pihak lain yang sedang memakai nomor telepon Anda untuk login di aplikasi WhatsApp.

Padahal, untuk bisa login di sebuah perangkat, WhatsApp biasanya meminta kode one time password atau OTP yang langsung dikirim ke nomor telepon tersebut.

Untuk itu, jangan pernah memberikan kode OTP ini kepada siapa pun. Ini juga mungkin terjadi ketika nomor telepon telah digandakan, sehingga peretas bisa membuka pesan yang masuk berisi OTP.

Tak Bisa Menelepon Via WhatsApp

Blog Avira menyebut, jika pengguna tidak bisa menelepon via WhatsApp bisa jadi tanda jika WhatsApp mereka sudah disadap pihak lain. Nah, bagi Anda yang mengalaminya, harap untuk lebih waspada dan segera mencari penanganan.

Cek WhatsApp Web

WhatsApp Web merupakan sebuah fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengakses WhatsApp via browser di perangkat laptop atau komputer. Fitur ini sangat krusial untuk pengguna yang memakai PC, tetapi di sisi lain ini memungkinkan peretas atau pihak lain untuk menyadap akun WhatsApp.

Untuk mengetahui apakah akun WhatsApp Anda disadap, Anda bisa membuka Setting atau menu Titik Tiga di kanan atas WhatsApp, kemudian pilih WhatsApp Web. Jika ternyata Anda login di perangkat yang tidak Anda kenali dengan lokasi yang tidak dikenal pula, pilih logout atau keluar dari semua perangkat.

Baca Juga : 4 Cara Hindari Penipuan Lewat WhatsApp

Opsi ini juga bisa dilakukan dari perangkat iOS. Caranya, pilih Setting di kanan bawah, kemudian pilih WhatsApp Web dan cek perangkat terhubung. Kalau perangkat tersebut tidak dikenal, sebaiknya pilih logout dari semua perangkat.

Pesan Terbaca Padahal Kamu Tidak Buka

Selain itu, tanda lain kalau WhatsApp telah disadap pihak lain adalah ada pesan yang terbaca padahal Anda tidak membuka pesan tersebut. Tanda pesan sudah dibaca adalah tanda centang dua yang berubah menjadi biru, jika fitur ini telah diaktifkan sebelumnya.

Namun jika pengguna tidak mengaktifkannya, ia juga bisa menyadari pesan-pesannya telah dibaca dengan melihat apakah notifikasi angka di tiap obrolan telah hilang.

Ketika pengguna belum membuka pesan dari satu kontak tetapi tanda notifikasi angkanya telah hilang, kemungkinan ada orang lain yang membuka obrolan WhatsApp Anda.

Kirim Pesan Tanpa Sepengetahuan Pengguna

Ciri lain yang bisa menjadi kecurigaan kalau akun WhatsApp Anda disadap adalah ada pesan yang tidak pernah Anda kirimkan. Dari situ bisa diketahui, ada pihak lain yang ternyata sedang mengintip WhatsApp Anda.

Baterai Cepat Habis

Terakhir, cara lain untuk mengetahui apakah adalah menyadari saat baterai perangkat cepat terkuras. Baterai terkuras memang tidak menjadi bukti valid bahwa WhatsApp telah disadap. Tetapi bisa jadi salah satu indikasi bahwa aplikasi-aplikasi di perangkat termasuk WhatsApp terus bekerja, meski si pengguna tidak membukanya.

Demikian beberapa atau tidak. Tetap jaga privasi Anda agar tidak disalahgunakan oleh orang lain.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.