Indonesia Kerja Sama Produksi Senjata dengan Ukraina

Avatar of PortalMadura.com
Indonesia Kerja Sama Produksi Senjata dengan Ukraina
Wakil Menteri Pertahanan Republik Indonesia Sakti Wahyu Trenggono (kanan depan) menandatangani kerja sama dengan perusahaan pembuat kendaraan tempur Practika, Jumat, 7 Februari 2020, di Kiev, Ukraina. (AA)

PortalMadura.Com – Perusahaan senjata milik pemerintah PT PINDAD menjalin kerjasama dengan salah satu pembuat kendaraan tempur (Ranpur) dari , Practica, untuk menjadi pemain utama di industri pertahanan lokal dan global.

Penandatanganan kerjasama dilakukan Direktur Utama Pindad Abraham Mose dengan Development Director Practica Yulia Vysotska disaksikan oleh Wakil Menteri Pertahanan Sakti Wahyu Trenggono dan Duta Besar RI untuk Ukraina Armenia dan Georgia Yuddy Chrisnandi.

“Saya harapkan Pindad serius melaksanakan rencananya untuk mampu membuat Ranpur dengan kualifikasi yang mampu bersaing di pasar global,” kata Wamenhan usai menyaksikan penandatanganan kerja sama di Kiev, Jumat.

Wamenhan menambahkan bahwa dirinya akan mengawal implementasi dari kerja sama tersebut, karena ini bagian dari misi Presiden Jokowi agar industri pertahanan bisa memproduksi alat utama sistem persenjataan (alutsista) secara mandiri..

“Ranpur ini layak dikembangkan untuk tentara kita. Semoga Pindad sudah bisa datangkan satu unit untuk acara parade di HUT TNI pada Oktober mendatang,” kata dia.

Direktur Utama Pindad Abraham Mose menambahkan ruang lingkup dari kerja sama dengan Practica dalam rangka produksi dan pengembangan bersama antara dua perusahaan berbagai jenis 4×4 kendaraan dan modernisasi kendaraan tempur yang akan didiskusikan kemudian.

“Nanti akan ada pembentukan tim koresponden dari kedua belah pihak untuk mempelajari kemampuan dan kesiapan para pihak terkait berbagai proyek yang akan disepakati berdasarkan MoU,” kata dia

Practika merupakan perusahaan industri pertahanan swasta dalam bidang kendaraan tempur di Ukraina yang berdiri pada tahun 1993.

Practika juga merupakan anggota pendiri League of Defense Companies di Ukraina – suatu organisasi yang menyatukan manufaktur industri pertahanan swasta di Ukraina.

Dimulai sejak tahun 2014, Practika telah mengirimkan lebih dari 200 berbagai jenis kendaraan kepada konsumen di negaranya, seperti Armed Forces of Ukraine, National Guard of Ukraine, dan Border Guard Service of Ukraine.(*)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.