6 Tips Beli Laptop Murah Tapi Tetap Berkualitas

Avatar of PortalMadura.com
Tips Beli Laptop Murah
Tips Beli Laptop Murah

PortalMadura.Com – Semakin lama penggunaan laptop rasanya makin menggantikan keberadaan komputer. Walaupun dalam pekerjaan kantoran masih banyak yang menggunakan komputer, tapi spesifikasi laptop kini nyaris mendekati kualitas komputer.

Tidak heran banyak yang mengincarnya untuk kegiatan sehari-hari. Memilih laptop dengan spesifikasi yang tinggi tentu harganya tidak murah. Bagi Anda yang ingin membeli tapi budget tidak cukup, Anda masih bisa membeli yang bekas namun tetap berkualitas.

Tips

Mau tahu caranya?. Ikuti beberapa tips berikut:

Beli dari Teman Terpercaya

Sebelum masuk ke forum jual beli daring, Anda bisa mulai dari teman-teman sendiri dulu. Barangkali di antara mereka ada yang memang mau menjual laptop dengan harga miring dan kualitasnya masih baik. Kalau teman Anda baik, kemungkinan Anda mendapatkan laptop yang masih oke makin besar.

Gunakan Sistem COD

Sistem pembayaran di tempat atau lebih dikenal dengan COD (Cash On Delivery) merupakan cara terbaik dalam bertransaksi barang bekas. Anda harus bertemu langsung dengan penjualnya untuk mengetahui karakteristik si penjual (apik atau tidak) sekaligus mencoba langsung performa laptop tersebut.

Periksa Kisaran Harga Pasar

Kalau Anda mengetahui harga pasar dari laptop baru, Anda bisa menjadikannya sebagai basis untuk bernegosiasi dengan penjual. Kemudian, Anda juga bisa mengecek harga berbagai laptop bekas yang dijual di forum jual beli daring barang bekas. Dengan begini, Anda bisa mendapat ancang-ancang berapa harga yang pantas untuk laptop bekas yang Anda bidik.

Baca Juga: 9 Merk Laptop Terbaik di Tahun ini

Cari Laptop dengan Masa Pakai di Bawah 1 Tahun

Makin lama masa pakai, makin murah pula harga laptop tersebut. Namun, laptop yang masa pakainya sudah terlalu lama berpotensi pernah mengalami kerusakan tertentu di bagian tertentu.

Selain itu, masa pakai di bawah 1 tahun biasanya masih dilindungi oleh garansi. Hal ini membuat laptop tersebut masih cukup terjamin dalam hal kualitas.

Periksa Kesesuaian Spesifikasi Laptop

Saat mengutak-atik laptop bekas, pastikan Anda memeriksa apakah spesifikasinya sesuai dengan yang disebutkan penjual. Anda bisa melihat ini di bagian Setting, atau buka command run (tekan tombol Start + R di keyboard), ketik ‘dxdiag', lalu tekan enter.

Periksa Kondisi Hardware

Langkah terakhir, pastikan kondisi hardware masih dalam kondisi baik atau sesuai dengan yang dijelaskan penjual. Sebagai contoh, untuk memerika harddisk, Anda bisa melakukan copy-paste sejumlah file di antara folder atau drive.

Jika sangat lambat, kemungkinan harddisk bermasalah. Periksa juga seluruh tombol keyboard dan mousepad apakah masih berfungsi dengan baik, karena bila ada kerusakan, akan sulit diganti. Pastikan juga layar, WiFi, port untuk USB, fan, webcam, dan sebagainya, masih berfungsi dengan benar.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.