oleh

4 Manfaat Kentang bagi Kesehatan yang Jarang Anda Ketahui

PortalMadura.Com – Kentang merupakan salah satu makanan berat yang menyumbang banyak lemak. Jika Anda suka kentang, maka Anda akan mengetahui cara bekerja kentang untuk kesehatan Anda. Akan tetapi tidak semua orang menyukai kentang.

Mungkin setiap orang memilih jenis sayuran favoritnya masing-masing. Namun, karena kandungan lemak dan karbohidratnya yang tinggi, kentang menjadi salah satu ‘musuh’ bagi orang yang ingin menurunkan berat badan atau diet.

Tidak hanya bagi orang yang diet, kentang juga menjadi pantangan bagi mereka yang ingin menjaga kebugaran tubuh. Memang, kentang tidak baik untuk kesehatan bila dikonsumsi berlebihan. Tetapi, jika dimakan dengan jumlah yang wajar, kentang baik juga untuk kesehatan Anda.

Seperti yang dilansir republika.co.id dari Pinkvilla, kentang kaya akan serat dan kalium yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh Anda. Menurunkan tekanan darah, melindungi jantung, bahkan mengobati peradangan. Berikut manfaat kentang jika Anda mengonsumsinya dengan jumlah yang tepat.

Baik untuk Jantung
Kentang mengandung serat, kalium, vitamin C dan B6. Semua nutrisi tersebut baik untuk kesehatan jantung. Serat dapat membantu menurunkan kadar kolesterol berlebih dalam darah. Penelitian juga menyebutkan serat dapat menurunkan risiko penyakit jantuk. Sementara, kalium mampu membantu melindungi jantung.

Memperkuat Tulang
Magnesium dan kalium dalam kentang berkontribusi besar terhadap kesehatan tulang. Kedua mineral ini membantu mencegah keropos tulang pada pria dan wanita dan juga memperkuat tulang.

Baca Juga: Percetakan WMS Jaminan Kualitas & Harga Terjangkau

Membangun Kekebalan
Berdasarkan penelitian, kentang juga berdampak bagi sistem kekebalan tubuh. Kentang bermanfaat untuk menurunkan leukosit yang diproduksi dalam tubuh manusia karena peradangan atau ketika seseorang sakit.

Membantu Pencernaan
Kentang mengandung serat yang mendukung dan meningkatkan keteraturan sistem pencernaan. Pati dalam kentang menambah jumlah besar ke feses karena tidak dapat dicerna.

Kentang membantu menjaga diare dan menjadi kaya akan kalium karena mineral yang hilang karena diare. Sebagian besar serat dalam kentang ditemukan di kulitnya.

Rewriter : Nurul Hijriyah
Sumber : republika.co.id

Komentar