6 Tips Merawat Rambut Agar Tidak Rusak Akibat Polusi Udara

Avatar of PortalMadura.com
6 Tips Merawat Rambut Agar Tidak Rusak Akibat Polusi Udara
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Percaya atau tidak, ternyata polusi penyebab utama rambut rusak. Setiap wanita yang memiliki rambut kurang terawat bahkan rusak tentu menjadi tidak PD. Rambut yang rusak banyak mempengaruhi penampilan seorang wanita. Terlebih rambut adalah mahkota bagi seorang wanita.

Tidak hanya karena sebagai mahkota wanita, rambut terletak di atas kepala sehingga rambut menjadi salah satu hal yang sering dilihat orang lain. Polusi memiliki dampak buruk pada rambut karena dapat membuat kulit kepala dan helai rambut kering dan rusak.

Polutan di udara yang jahat akan semakin merusak tekstur rambut dan menyebabkannya menjadi kasar dan patah. Anda pasti tidak ingin mengalami masalah rambut yang menyebalkan ini, bukan? Sebelum hal ini dialami, sebaiknya lindungi keindahan dan kesehatan rambut agar tidak rusak oleh polusi dengan tips berikut ini, ladies.

Lindungi Rambut
Kondisi lingkungan yang rentan polusi memang tak bisa disepelekan, terlebih jika termasuk orang yang banyak menghabiskan waktu di luar ruangan. Salah satu cara yang bisa diaplikasikan adalah dengan melindungi rambut menggunakan aksesoris seperti topi, syal maupun hair band.

Terlebih jika senang memanfaatkan transportasi roda dua, pastikan rambut tidak terurai dan lindungi terlebih dahulu dengan mengikatnya atau menutupnya dengan syal agar tidak terpapar sinar matahari dan polusi.

Manfaatkan Produk Heat Protectant
Produk heat protectant tidak hanya berfungsi untuk melindungi rambut dari suhu panas produk hair styling, sebagian produk juga memiliki klaim pelindung rambut dari sinar UV. Maka itu tak ada salahnya untuk memilih produk yang tepat dan sesuai kebutuhan.

Dengan selalu melindungi rambut, Anda bisa mengurangi pengendapan polutan pada helai rambut. Semprotan heat protectant juga dapat membantu mengurangi dampak polusi, karena berfungsi sebagai pelindung yang mencegah rambut beruban yang disebabkan oleh bahan kimia lingkungan.

Baca Juga: Selama Ramadan 39 Orang Dibekuk Polres Bangkalan

Gunakan Sampo yang Sesuai dengan Kondisi Kulit
Debu dan kotoran akibat polusi umumnya berada di luar kutikula rambut sehingga mudah dibersihkan. Karena hal ini pula, Anda bisa memanfaatkan kebiasaan rutin keramas sebagai salah satu cara efektif dalam menjaga kesehatan rambut dari polusi. Keramas serta gunakan kondisioner yang sesuai tipe rambut, dan lakukan secara rutin sesuai kebutuhan Anda.

Konsumsi Makanan Sehat
Urusan perawatan rambut, tidak hanya perlu melakukan perlindungan dari luar tapi juga dari dalam. Pastikan untuk mengonsumsi makanan sehat dan kaya protein untuk membantu melindungi rambut dalam menghadapi serangan polusi.

Setiap helai rambut terdiri dari serat protein dan membutuhkan asupan nutrisi agar kondisinya tetap terjaga. Untuk mempertahankan keindahan rambut, pastikan mengonsumsi makanan sehat seperti telur, ikan dan sayuran hijau.

Manfaatkan Minyak Kelapa atau Minyak Almond
Polusi rentan menyebabkan kondisi rambut mengalami kekeringan sehingga batang rambut menjadi mudah patah. Hindari hal ini dengan rutin melakukan perawatan yang memanfatkan bahan alami seperti menggunakan minyak kelapa atau minyak almond secara teratur.

Agar membantu memberi kelembapan pada kulit kepala. Selain menjaga kelembapan, kedua minyak ini juga berfungsi sebagai lapisan pelindung dan mencegah penyerapan polutan pada kulit kepala.

Rutin Memotong Rambut
Sebagian perempuan memilih perawatan potong rambut hanya di saat rambut sudah mulai memanjang. Padahal, memotong rambut perlu dilakukan secara rutin minimal 3 bulan sekali sebagai salah satu cara untuk menghindari ujung rambut yang bercabang. Anda cukup melakukan pemotongan ujung rambut sepanjang 5 cm saja.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.