6 Tips Mudah dan Efektif Hentikan Cegukan

Avatar of PortalMadura.Com
6 Tips Mudah dan Efektif Hentikan Cegukan
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Siapa yang tidak pernah cegukan?. Jangankan orang dewasa, bayipun bisa mengalami hal itu. Biasanya cegukan datang secara tiba-tiba dan di waktu yang tidak nyaman. Seperti saat ada rapat penting, di dalam kendaraan umum atau malah saat beribadah.

Oleh karena itu, Anda perlu melakukan beberapa cara yang sangat sederhana untuk menghentikan cegukan. Seperti apa caranya?.

Berikut cara dan penjelasannya:

Tutup Mulut
Cara paling mudah untuk menghentikan cegukan yaitu dengan menutup mulut. Bertambahnya karbon dioksida akan membantu Anda menyingkirkan cegukan.

Menekan Telapak Tangan
Menekan telapak tangan dengan ibu jari tangan yang lain juga akan menghentikan cegukan. Sebabnya akan muncul ketidaknyamanan yang kemudian mempengaruhi sistem saraf untuk menyingkirkan cegukan yang terjadi.

Menahan Napas
Saat sedang cegukan, cobalah untuk menarik napas mendalam dan kemudian tahan. Ketika ada penumpukan karbon dioksida di paru-paru, diafragma akan jadi rileks yang kemudian membantu menyingkirkan cegukan.

Menjulurkan Lidah
Ketika tidak ada orang di sekitar Anda, julurkan lidah. Gerakan ini akan merangsang pembukaan antara pita suara (glotis). Anda akan bernapas lebih lancar dan kemudian memadamkan kejang yang menyebabkan cegukan.

Menutup Telinga
Menghentikan cegukan ternyata bisa dilakukan dengan menutup telinga selama 20 hingga 30 detik. Selain itu, Anda juga bisa menekan area lunak di belakang daun telinga atau tepat di bawah pangkal tengkorak.

Minum Air
Ambil 9 atau 10 teguk air untuk menghentikan cegukan. Sebab saat Anda meneguk minuman, kontraksi ritmik esofagus menimpa diafragma yang kejang sehingga cegukan bisa berhenti.

Terakhir, jika cara di atas tidak efektif juga, Anda bisa menggabungkan cara minum air sambil menahan napas. (merdeka.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.