oleh

6 Trik Cerdas Menyehatkan yang Bisa Bikin Tubuh dan Pikiran Jadi Segar

PortalMadura.Com – Memiliki aktivitas padat setiap hari tentu bisa membuat seseorang stres dan bisa jatuh sakit. Bahkan, saat waktu libur pun harus berangkat ke kantor?. Atau sibuk dengan pekerjaan rumah, seperti cucian yang menumpuk?.

Ya, padahal, otak dan tubuh bukanlah sebuah mesin yang ketika rusak bisa diganti suku cadang baru. Nah, saat Anda merasa sangat jenuh dan lelah, setidaknya Anda mencoba beberapa hal di bawah ini agar tidak lagi merasakan kelelahan fisik maupun psikis.

Berikut enam cara yang bisa Anda coba untuk menyegarkan diri Anda secara alami:

Makan Lebih Banyak Lemak untuk Sarapan Pagi
Hal ini tidak berbicara soal lemak yang tidak sehat. Maksudnya di sini adalah tentang nutrisi otak yang mengandung asam lemak omega-3 dan sejenisnya. Lemak sehat memberi nutrisi yang dibutuhkan otak untuk berkinerja baik sepanjang hari.

Berhenti Mengeluh
Sudah sewajarnya sesekali orang tidak menyukai pekerjaannya, tetapi jika Anda mulai mengeluh hampir setiap hari, tanyakan pada diri Anda apakah yang Anda lakukan itu menguntungkan buat Anda.

Apabila kebanyakan waktu yang digunakan untuk mengeluh rasanya sah-sah saja didengar oleh orang yang Anda cintai. Tapi, jika Anda terus menerus mengeluh bisa merugikan kesehatan Anda. Apalagi saat Anda terus terpaku pada hal negatif.

Kelilingi Diri Anda dengan Orang-orang yang Positif
Tidak masalah jika hanya ada satu teman di tempat kerja yang bisa Anda andalkan untuk menghibur Anda saat melewati hari-hari yang berat. Selama Anda mengelilingi diri Anda dengan orang-orang yang positif, suasana hati dan getaran mereka akan menular pada Anda dan Anda akan merasa lebih baik dan lebih bersemangat menjalani hari.

Stop untuk Overthinking (Berpikir Berlebihan)
Anda semua tahu bahwa mengkhawatirkan dan membuat asumsi sering membawa Anda entah ke mana, dan itu akan melelahkan jika Anda masih melakukannya. Penting untuk ingatkan diri Anda setiap hari, sebab kekhawatiran sejatinya tidak dapat melakukan apa-apa untuk diri Anda dan belajar untuk berpikir berlebihan jika ada sesuatu yang salah di tempat kerja.

Istirahat Mental
Saat makan siang, alih-alih memikirkan pekerjaan dan apa yang harus Anda lakukan setelahnya, ada baiknya istirahatkan pikiran Anda dan pikirkan betapa lezatnya makanan yang Anda makan. Selain itu, libatkan diri dalam percakapan dengan rekan kerja Anda dan mencoba menghindari topik kerja.

Hindari membicarakan pekerjaan secara kolektif dan sesekali jangan terlalu sibuk untuk memeriksa email di jam istirahat atau jam makan siang Anda. Dengan cara ini, Anda dapat menyingkirkan kecemasan tersebut.

Prioritaskan Diri Anda
Mungkin Anda merasa bersalah karena tidak memprioritaskan diri sendiri terlebih dahulu pada beberapa kondisi. Entah itu pada makan-makanan sehat saat makan siang atau bahkan melewatkannya karena deadline pekerjaan. Namun sebaiknya tidak seperti itu, sebab kebiasaan ini sama sekali tidak berguna untuk Anda dan malah membahayakan kesehatan mental Anda. (detik.com/Salimah)


Tirto.ID
Loading...

Komentar