Deretan Manusia Pilihan Yang Pernah Ditemui Nyi Roro Kidul

Avatar of PortalMadura.Com
Deretan Manusia Pilihan Yang Pernah Ditemui Nyi Roro Kidul
dok. Juru kunci Watu Ulo dan Nyi Roro Kidul (foto. merdeka.com)

PortalMadura.Com merupakan legenda paling populer di Indonesia, khususnya masyarakat Jawa. Sosok yang digambarkan sebagai (Samudra Hindia) memiliki wajah cantik jelita yang mengenakan pakaian serba hijau. Nyi Roro Kidul juga digambarkan menaiki kereta kencana.

Sebagian kalangan percaya dengan kehadiran Nyi Roro Kidul. Termasuk sederetan Indonesia dan manusia pilihan lainnya yang mengaku pernah didatangi sosok Nyi Roro Kidul. Hasil penelusuran PortalMadura.Com, Selasa (6/3/2018) via google, tidak sedikit artis dan orang-orang pilihan yang mengaku .

1. Cicilia Sidhawati

Putri kedua pelukis Basoeki Abdullah ini, pernah membeberkan pada tempo.co, 27 Januari 2015, dilansir 3 Februari 2015. Pengalamannya bertemu dengan Nyi Roro Kidul sudah terjadi lebih dari 30 tahun silam. Kata perempuan berusia 42 tahun ini, pengalaman pribadinya itu belum pernah ia ungkapkan kepada media massa.

“Hanya saya ceritakan ke teman-teman saja. Itu pun karena terpancing setelah mendengar cerita mistis mereka,” kata Cicilia.

Ceritanya, ketika masih duduk di bangku sekolah dasar, ia diajak ayah dan ibunya, Nataya Nareerat, menginap di Hotel Samudra Beach (kini Inna Samudra Beach) di Pelabuhan Ratu, Jawa Barat. Dia mengaku lupa kapan waktu persis kejadian ini. Ketika ayah dan ibunya sedang berada di meja penerima tamu untuk check-in, Cicilia yang sedang bermain di sekitar lobi didatangi seorang perempuan.

Baca Juga : Merinding! Nyi Roro Kidul Sambangi Wisata Pantai Lombang Sumenep

“Cantik sekali, ayu khas Indonesia, kulitnya putih, rambutnya panjang dan memakai syal hijau,” ujar Cicilia mendeskripsikan sosok perempuan tersebut. Yang membuat Cicilia heran, perempuan itu tidak takut mengenakan syal berwaran hijau. Padahal, dia dan semua anggota keluarga dan rombongan yang datang ke hotel itu dilarang keras mengenakan pakaian berwarna hijau.

“Perempuan itu bertanya, ‘Bapakmu mana?',” kata Cicilia menirukan perempuan itu yang bertutur dengan logat Jawa yang kental. Tanpa menjawab, Cicilia berlari ke arah ayahnya untuk memberitahukan kalau ada yang mencari. Tapi, belum selesai Cicilia mengatakan kepada Daddy—panggilan sayang Cicilia untuk Basoeki Abdullah—perempuan tersebut telah menghilang. “Daddy sih sudah paham kalau itu Ratu Kidul yang sudah menanti kedatangannya,” ujar Cicilia.

Kedatangan Basoeki Abdullah ke hotel yang pembangunannya bersamaan dengan Hotel Indonesia itu memang untuk melukis Nyai Roro Kidul atau Ratu Kidul penguasa Laut Selatan. “Daddy memang mengatakan mau melukis Ratu Kidul. Dalam bayangan saya yang masih anak-anak waktu itu, Ratu Kidul itu semacam dewi laut, yang pasti bukan berwujud manusia,” kata perempuan kelahiran Bangkok, 13 Oktober 1972 ini.

2. Roro Fitria

Artis yang baru saja tersandung dugaan kasus narkotika ini, ternyata mengaku pernah bertemu dengan sosok Nyi Roro Kidul. “Saya sudah sering bertapa dan melakukan ritual kejawen lainnya, tapi tidak pernah bertemu. Baru kali ini Ibu Ratu (Nyi Roro Kidul) berkenan rawuh (hadir),” Roro Fitria membeberkan pada liputan6.com, dilansir 27 Oktober 2015.

Pertemuan Roro Fitria dengan Nyi Roro Kidul terjadi saat ia bertapa di Goa Penepen, Pantai Parangtritis, Bantul, Yogyakarta, pada Maret 2014. “Beliau rawuh saat saya memasuki hari ketiga tapa,” jelas Roro.

Sebenarnya, suara Kereta Kencana yang disebut-sebut sebagai kendaraan Nyi Roro Kidul ini, sudah sering Roro Fitria dengar saat meditasi di rumahnya di Yogyakarta. Tapi baru kali ini Roro berjumpa dengan Nyi Roro Kidul. “Mungkin beliau melihat kesungguhan saya untuk berjumpa, makanya beliau berkenan untuk rawuh,” ujar Roro Fitria senang.

“Beliau (Nyi Roro Kidul) rawuh (hadir) sesaat setelah saya bertapa sembari menghaturkan sesaji bunga setaman, dupa dan wewangian,” jelas Roro Fitria.

Goa Penepen, tempat Roro Fitria bertapa termasuk medan yang cukup sulit di tempuh. “Tempatnya terjal, sehingga cukup sulit dijangkau. Di samping itu dalamnya sangat lembab dan berair, licin, gelap pekat dan tempat saya bertapa relatif sempit,” ungkap Roro Fitria.

3. Bopak Castello

Pengalaman komedian Bopak Castello terjadi saat dirinya mengalami mati suri. Saat itu dirinya bertemu Nyi Roro Kidul di tahun 1993. Sejak saat itu ia mengaku indra keenamnya terbuka, dan bisa melukis hantu.

“Sejak ketemu Nyi Roro Kidul, dari situ ya saya udah bisa ngeliat (makhluk gaib), ngobrol,” katanya.”Ada sisi lebih terang lagi ngeliat hal-hal yang sifatnya gaib. Indra keenam saya kebuka,” tambahnya, dilansir di laman situs liputan6.com.

Lebih anehnya lagi, sejak saat itu Bopak jadi punya kemampuan untuk melukis secara gaib. Ia mengaku bisa melukis berbagai wujud makhluk halus yang ada di sekitarnya.

“Kalau ngelukis bisa. Tapi saya bisa objek yang gaib itu baru sekarang. Kalau dulu ngelukisnya kan hanya imajinasi saja,” katanya dengan mimik wajah serius. Hingga kini ia sudah membuat puluhan lukisan, dan tidak dikomersilkan.

4. Fifie Buntaran

Saat berperan di film Dewi Ular (Titisan Nyi Blorong) pada 2013 silam, aktris seksi Fifie Buntaran mengaku pernah didatangi mahluk gaib menyerupai Nyi Roro Kidul melalui mimpinya. “Ada. Aku lagi tidur ada dia (Nyi Roro Kidul) menutupkan selimut tipis. Pas mau tidur ada kaki buaya di pundak aku, tapi nggak sakit sih,” ungkap Fifie.

Karena merasa takut, Fifie pun langsung menghubungi guru spiritualnya guna menanyakan mimpi tersebut. “Aku langsung hubungi guru spiritual. Aku sih nggak sempat komunikasi dengan Nyi Roro Kidul, cuma kata guru aku itu diridhoi tandanya,” jelasnya.

Namun tak dipungkiri, sejak kecil Fifie memang sering didatangi mahluk gaib saat sedang tidur. Tapi kata guru spiritualnya, mimpi tersebut tidak menimbulkan dampak berbahaya bagi kehidupan Fifie.

“Sebelum syuting aku sempat minta izin, melalui guru spiritual. Terus katanya Kanjeng Ratu merestui, katanya saya dilindungi. Deg-degan sih, cuma ya saya profesional saja,” ungkap Fifie di screening film tersebut di Planet Hollywood, Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Selasa (24/9/2013).

Setelah sang guru spiritual bilang kalau Nyi Roro Kidul memberikan restu, kepercayaan diri Fifie pun bertambah. Meski begitu, ia sempat merasakan keganjilan saat syuting di pantai.

Misalnya, perubahan cuaca yang tadinya panas lalu tiba-tiba mendung dan turun hujan. Belum lagi, kuda yang menarik kereta kencana Nyi Roro Kidul tiba-tiba tak mau jalan.

5. Julia Perez

Kejadian yang dialami oleh artis Julia Perez bertemu dengan Nyi Roro Kidul adalah ketika dirinya menyambangi kamar 308 Hotel Inna Samudra Beach, Pelabuhan Ratu, Sukabumi yang dipercaya sebagai kamar Nyi Roro Kidul.

Di kamar itu, Jupe berdoa di depan lukisan Nyi Roro Kidul. Jupe terkejut ketika pada suatu saat melihat mata Sang Ratu Pantai Selatan itu berkedip kepadanya.

“Entah kenapa di situ tiba-tiba matanya berkedip. Jantung rasanya mau copot, mau berhenti berdetak pada saat itu,” ujar Jupe. Meski takut, Jupe berusaha tetap tenang. Jupe melakukan ritual itu untuk menyandang gelar Titisan Suzanna.

“Tapi berusaha tenang saja. Pada intinya di dalam semua baik-baik saja,” ucapnya.

6. Chef Aiko

Berbeda dengan para selebriti lainnya, Chef Aiko justru sering melihat sosok Nyi Roro Kidul. Yang menarik adalah saat ia melihat Nyi Roro Kidul hadir di saat pawai Jokowi sesaat setelah terpilih sebagai Presiden RI periode 2014-2019.

Terpilihnya Jokowi-JK sebagai Presiden RI periode 2014-2019 ditandai dengan digelarnya pesta rakyat yang dihadiri ribuan masyarakat. Mereka pun mengiringi perjalanannya dari gedung MPR sampai istana negara.

Dalam iringan pawai tersebut, sosok tak kasat mata terlihat oleh beberapa orang, salah satunya Chef Aiko yang memiliki nama lengkap Aiko Sarwosri. Bahkan ia mengatakan sosok Prabu Siliwangi dan Ratu Pantai Selatan berada di antara kerumunan massa.

“Saya berharap semoga Jokowi memiliki wibawa yang sama seperti yang mengikutinya. Makhluk-makhluk dari kerajaan,” kata Chef Aiko di kawasan Rawamangun, Jakarta, Rabu (22/10/2014).

Chef Aiko juga mengatakan bahwa banyaknya makhluk tak kasat mata tersebut saat pelantikan Jokowi-JK dikarenakan rasa keingintahuan sang makhluk ghaib.

“Makhluk gaib tersebut tertarik sama pemimpin baru Indonesia. Mereka ingin tahu ada apa sih ini ramai-ramai. Mungkin mereka hanya ingin menyaksikan saja,” tandas Chef Aiko.

7. Anshori

Anshori adalah penjaga atau juru kunci wisata Pantai Watu Ulo yang terletak di Kecamatan Ambulu, Jember, Jawa Timur. Ia mengaku sudah menjadi bagian dari pantai itu sejak kecil dan pernah bertemu dengan Ratu Pantai Selatan atau Nyi Roro Kidul.

Tak hanya itu, Anshori pun ternyata juga memiliki keistimewaan yang tidak semua orang punya. Dia mampu melihat dunia ghaib dan masuk ke alam ‘mereka'. Lantas seperti apa kisah mengejutkan Anshori yang mengaku pernah bertemu dengan penguasa pantai Selatan?.

Jumat, 19 September 2014, laman merdeka.com melansir, bahwa Anshori bisa dikatakan memiliki indra keenam yang sangat tajam. Pria yang memang asli penduduk Ambulu tersebut mengungkapkan bahwa pernah berjumpa dengan Nyi Roro Kidul. Hal tersebut dijelaskan bahwa kala itu dia tengah melakukan tirakat dan puasa selama 41 hari.

Di hari ke-41, Anshori tiba-tiba dikagetkan dengan adanya penampakan sosok wanita cantik jelita. Seluruh pakaiannya berwarna hijau lengkap dengan senyumnya yang menawan. Entah apa yang dilakukan Anshori, mereka hanya berdiam diri saling memandang.

Apa yang dilakukan Nyi Roro Kidul di hadapannya, Anshori hanya tersenyum dan tak ingin membeberkan lebih banyak.(*)

(Berbagai sumber)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.