6 Trik Jitu Menang Debat dari Teman yang Selalu Merasa Benar

Avatar of PortalMadura.com
6 Trik Jitu Menang Debat dari Teman yang Selalu Merasa Benar
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Berdebat merupakan suatu kegiatan mengadu argumentasi antara dua pihak atau lebih yang bersifat perorangan ataupun kelompok yang didalam mendiskusikan dan memutuskan masalah serta perbedaan. Hal ini biasa dilakukan, asalkan orang yang berdebat sama-sama bisa menerima dan tidak mempersoalkan apa yang diperdebatkan.

Lain halnya jika teman Anda selalu merasa benar, tentunya segala argumen yang Anda lontarkan selalu ada balasannya kecuali Anda skakmat hingga teman Anda berhenti membalas argumen Anda.

Mempunyai teman debat yang seperti itu akan membuat Anda merasa tidak nyaman. Oleh karenanya, Anda perlu melakukan beberapa cara untuk menghadapi teman yang selalu merasa benar. Hal ini dilansir PortalMadura.Com dari laman okezone.com yang dikutip dari situs resmi Reader's Digest. Apa saja caranya?

Berikut penjelasannya:

Tetap Teguh dan Tetap Tenang

Penting untuk menjaga kepercayaan diri Anda saat berdebat dengan orang yang selalu merasa benar. Dalam situasi seperti itu, emosi seringkali tidak bisa ditahan dan cenderung dipandang sebagai kelemahan dalam diri Anda. Orang yang merasa selalu benar akan sangat bangga karena bersikap menjadi sangat rasional. Bersikap teguh penting, tetapi menjaga emosi Anda tetap tenang juga lebih penting dalam situasi seperti ini.

Memberikan Bukti di Setiap Ucapan Anda

Seseorang yang merasa dirinya selalu benar akan selalu berusaha untuk menyanggah omongan Anda. Pastikan setiap omongan yang Anda ucapkan memiliki bukti yang jelas. Hal tersebut akan membuat teman Anda kesusahan untuk menyanggah omongan Anda dan bisa menjadi pertahanan terbaik saat berdebat dengan mereka.

Fakta Sebenarnya Lebih Baik Daripada Opini Anda

Opini itu baik, tetapi hal tersebut tidak berguna saat Anda berhadapan dengan orang yang merasa selalu benar. Meskipun opini yang Anda keluarkan itu benar, itu bukan teknik terbaik saat sedang berdebat dengan mereka. Cobalah keluarkan fakta-fakta yang tidak bisa disanggah, atau coba tanyakan fakta kepada lawan Anda atas argumen yang mereka keluarkan.

Mungkin dengan Anda menggunakan data yang kuat seperti data statistik atau studi kasus untuk memenangkan argumen Anda. Namun, tetap berhati-hati, walaupun dengan segudang data yang valid, lawan Anda tetap bisa merasa berada di puncak.

Baca Juga: Diduga Punya Hubungan Asmara dengan Kakak Ipar, Warga Sumenep Sekarat

Hindari Sarkasme

Sarkasme pada umumnya dianggap sebagai humor terendah dan sering digunakan untuk menyakiti atau menghina seseorang. Mungkin mudah menggunakan sarkasme saat Anda berdebat, tetapi hal itu tidak memperkuat Anda dalam perdebatan.

Pertimbangkan Alternatif

Hanya karena lawan Anda selalu berpikir mereka benar, bukan berarti membuat Anda berpikir kalau mereka selalu salah. Bisa jadi, mereka berada di sisi yang benar. Pertimbangkan sudut pandang mereka sejenak. Mungkinkah mereka benar saat ini?

Mengalah

Berhenti dan keluarlah dari perdebatan. Simpan energi Anda dan pertahankan semua argumen Anda untuk lain waktu. Jangan merasa bodoh karena Anda kalah dalam perbedatan saat itu sekalipun Anda merasa masih memiliki argumen untuk disampaikan.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.