6 Trik Mengatasi Rambut Rontok, Agar Tidak Semakin Parah

Avatar of PortalMadura.com
6 Trik Mengatasi Rambut Rontok, Agar Tidak Semakin Parah
Ilustrasi (brilistyle.brilio.net)

PortalMadura.Com – Ada berbagai macam faktor yang bisa menyebabkan rambut menjadi rontok, hal ini membuat kita menjadi risih lantaran rambut di kepala semakin tipis dan tentunya akan berakhir pada . Rambut rontok yang Anda alami bisa saja berbeda penyebabnya dengan yang orang lain alami.

Penyebab dari rambut rontok bisa karena perubahan hormon, seperti pengguna pil KB, ibu hamil, atau kondisi pascapersalinan. Rambut yang ditarik terlalu kencang, stres, masalah tiroid, penuaan, dan efek samping obat dan kemoterapi juga bisa memicu rambut rontok. Serta infeksi jamur dan penyakit autoimun. Selain itu, penyebab umum adalah kekurangan asupan nutrisi, vitamin, atau mineral tertentu.

Dilansir PortalMadura.Com dari laman Stylo.Grid.Id, Selasa (20/10/2020), berikut trik mengatasi rambut rontok, agar tidak semakin parah:

Memperhatikan Produk Perawatan yang Akan Dipakai

Bagi Anda yang memiliki tipe masalah rambut rontok, perlu berhati-hati saat mencuci atau merawat rambut rontok. Cucilah dan rawat rambut dengan lembut.

Seorang Ahli merekomendasikan agar pemilik rambut rontok menggunakan sampo yang ringan dan bisa menjaga kelembapan alami rambut. Setelah pakai sampo, usahakan untuk menggunakan pelembap untuk mengurangi rambut rusak, rambut bercabang, dan rambut kusam.

Kurangi Pemakaian Alat Styling Rambut

Setelah melakukan perawatan rambut, disarankan untuk menggunakan handuk microfiber saat akan mengeringkan rambut. Sebisa mungkin hindari penggunaan pengering rambut.

Misalnya kalau kamu terpaksa, gunakan pengaturan panas paling rendah untuk mencegah kerusakan rambut. Selain itu, istirahatkan rambut dari pemanasan dan zat kimia berlebih seperti pengeritingan, pelurusan, pewarnaan, dan penggunaan sisir pemanas rambut.

Istirahatkan Rambut

Supaya lebih ringkas dan tidak mengganggu kegiatanmu, mengikat rambut bisa menjadi solusi yang sering dilakukan. Akan tetapi, dengan kamu menguncir, mengepang, memilin, menyanggul, atau menyisir rambut terlalu kencang berisiko membuat rambut rusak sehingga rambut menjadi rontok. Segala sesuatu yang menarik rambut terlalu kuat bisa menyebabkan rambut rontok.

Hentikan Kebiasaan Merokok

Merokok dapat menyebabkan peradangan di seluruh bagian tubuh. Selain itu, merokok juga bisa memperparah kerontokan rambut. Jika ingin mengatasi rambut rontok sekaligus menjaga kesehatan secara keseluruhan, coba untuk berhenti merokok.

Atur Pola Makan yang Bergizi

Pola makan yang tidak sehat dan kurang seimbang bisa memicu kerontokan rambut. Upayakan untuk selalu mengonsumsi makanan dengan gizi lengkap dan seimbang. Kurangnya zat besi, protein, dan kalori dapat memicu rambut rontok.

Perhatikan Suplemen yang Dikonsumsi

Jika hendak mengonsumsi suplemen untuk mengatasi rambut rontok, ada baiknya untuk mengonsultasikannya terlebih dahulu ke dokter. Pasalnya, belum tentu penyebab rambut rontok dipicu kurangnya salah satu nutrisi dalam suplemen tersebut. Konsumsi suplemen selenium, vitamin A, dan vitamin E berlebihan justru bisa menyebabkan rambut rontok lebih parah.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.