oleh

5 Camilan Ini Aman untuk Penderita Diabetes

PortalMadura.Com – Ketika seseorang menderita diabetes, pasti disarankan untuk menjaga pola makan. Namun, bukan berarti tidak bisa menikmati cemilan di waktu senggang.

Jika Anda memiliki diabetes, Anda tetap bisa makan camilan. Akan tetapi, makanan harus mengandung banyak serat, protein, dan lemak baik. Camilan seperti ini justru bisa membantu menjaga kadar gula darah Anda tetap terkendali.

Selamat Ibadah Puasa

Dilansir dari laman Alodokter.Com, Senin (19/10/2020), berikut rekomendasi cemilan sehat yang aman dikonsumsi oleh penderita diabetes:

Buah

Walau memiliki rasa yang manis, penderita diabetes tetap boleh mengonsumsi buah. Buah mengandung serat, vitamin, mineral, dan antioksidan yang baik untukmu. Namun, pastikan Anda memilih buah-buahan segar yang tidak membuat kadar gula darah Anda naik.

Cokelat Hitam

Pilihlah cokelat yang jenisnya cokelat hitam (dark chocolate). Cokelat jenis ini dipercaya bisa menjaga gula darah tetap stabil dan meningkatkan kerja hormon insulin yang sangat baik untuk penderita diabetes.

Telur Rebus

Dalam 1 butir telur berukuran sedang, terkandung sekitar 7 gram protein. Telur juga mengandung kalium yang baik untuk kesehatan otot dan saraf, serta dapat meningkatkan kesehatan jantung.

Chia Seed

Chia seed merupakan jenis biji-bijian yang berasal dari tanaman Salvia hispanica L. Kandungan serat pada chia seed membuat biji ini bisa memperlambat penyerapan gula dalam darah, sehingga kadar gula pada penderita diabetes tetap terkontrol dengan baik.

Yogurt

Yogurt merupakan pilihan sehat untuk asupan karbohidrat, lemak baik, protein, dan probiotik. Camilan ini aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Akan tetapi, Anda perlu memerhatikan informasi nilai gizi yogurt sebelum mengonsumsinya.

Rewriter : Raudatul Fitrah
Sumber : Alodokter.Com

Komentar