oleh

7 Adab Minum yang Diajarkan Rasulullah

PortalMadura.Com – Minum merupakan salah satu kebutuhan setiap manusia yang tidak bisa terlewatkan setiap harinya. Semua makhluk hidup pasti butuh minum, karena tubuh memerlukan cairan untuk tetap berfungsi dengan baik.

Pasalnya, jika kekurangan minum, tubuh rasanya akan menjadi lemas dan tenggorokan seakan kering. Apalagi, cairan yang masuk ke dalam tubuh memiliki manfaat untuk menghilangkan dahaga, menyegarkan tenggorokan, menambah oksigen, menghilangkan racun, dan juga sebagai sumber energi bagi tubuh.

Gempur Rokok Ilegal Pemkab Sumenep

BACA : Jelang Liga 3 Jatim 2021, Madura FC Masih Butuh Empat Laga Uji Coba

Namun, tahukah Anda bahwa sebenarnya untuk minum itu ada tata cara tersendiri?. Banyak yang masih belum mengetahui tentang tata cara minum yang baik. Dalam Islam sendiri sangat ditekankan untuk mengikuti adab minum yang baik dan benar seperti yang dicontohkan Rasulullah semasa hidupnya. Tujuannya, tentu bukan semata-mata ibadah, melainkan ada unsur kebaikan untuk kesehatan apabila dilakukan.

Maka dari itu, berikut ini tujuh tata cara minum yang baik sesuai dengan adab minum ala Rasulullah:

Niat
Sebelum minum, hendaklah berniat terlebih dahulu agar cairan yang masuk ke dalam tubuh bisa membuat tubuh terasa lebih berenergi lagi. Selain itu, niat minum juga ditujukan untuk beribadah kepada Allah SWT.

Baca Doa
Biasakanlah untuk memulai minum dengan membaca basmallah. Dari Amr bin Abi Salamah, Rasulullah bersabda: “Wahai anakku, jika engkau hendak makan ucapkanlah bismillah, makanlah dengan tangan kananmu dan makanlah makanan yang berada di dekatmu” (HR Thabrani dalam Mu’jam Kabir).

Tidak Bernapas dan Meniup Air Minum
Dalam suatu hadis dari Abu Qatadah, Rasulullah bersabda: “Jika kalian minum maka janganlah bernapas dalam wadah air minumnya” (HR. Bukhari no. 5630 dan Muslim no. 263).

Dalam Syarah Sahih Muslim, Imam Nawawi mengatakan: “Larangan bernapas dalam wadah air minum adalah termasuk etika karena dikhawatirkan hal tersebut mengotori air minum atau menimbulkan bau yang tidak enak atau dikhawatirkan ada sesuatu dari mulut dan hidung yang jatuh ke dalamnya dan hal-hal semacam itu”.

Anas bin Malik r.a, beliau mengatakan: “Ketika Rasulullah minum beliau mengambil napas di luar wadah air minum sebanyak tiga kali” Dan beliau bersabda, “Hal itu lebih segar, lebih enak dan lebih nikmat”.

Baca Juga: Umat Muslim, Begini Adab Minum yang Benar Menurut Anjuran Rasulullah

Minum dengan Tangan Kanan
Tangan kanan dipercaya untuk melakukan hal-hal baik. Begitu pula saat minum, di mana Rasulullah pernah pula bersabda agar manusia makan dan minum menggunakan tangan kanan. Hal ini dipercaya akan membawa berkah dan membuat tubuh menjadi lebih segar lagi.

Dilarang Minum Langsung dari Mulut Teko atau Ceret
Dari Abu Hurairah, beliau berkata: “Rasulullah melarang minum langsung dari mulut qirbah (wadah air yang terbuat dari kulit) atau wadah air minum yang lainnya” (HR Bukhari no. 5627).

Menurut sebagian ulama minum langsung dari mulut teko hukumnya adalah haram, namun mayoritas ulama mengatakan hukumnya makruh. Maka seyogyanya orang yang hendak minum, tuangkanlah terlebih dahulu ke dalam gelas, kecuali dalam keadaan terpaksa.

Menutup Tutup Botol Minum pada Malam Hari
Biasakan diri Anda untuk menutup tutup wadah tempat air minum berada pada malam hari dan jangan lupa mengajarkan anak Anda tentang hal ini. Sebagaimana hadis dari Jabir bin Abdillah, ia berkata, aku mendengar Rasulullah bersabda: “Tutuplah bejana-bejana dan wadah air. Karena dalam satu tahun ada satu malam, ketika itu turun wabah, tidaklah ia melewati bejana-bejana yang tidak tertutup, ataupun wadah air yang tidak diikat melainkan akan turun padanya bibit penyakit” (HR. Muslim).

Bersyukur
Hendaklah merasa puas dan bersyukur dengan minuman yang ada, dan usahakan untuk tidak mencelanya karena segala sesuatu yang didapatkan merupakan berkah yang harus selalu disyukuri adanya. Wallahu A’lam.

Dapatkan Berita terbaru dari kami via Telegram

Komentar