7 Amalan Sunah yang Bisa Bikin Hati Lembut

Avatar of PortalMadura.com
7 Amalan Sunah yang Bisa Bikin Hati Lembut
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Ada beberapa sifat manusia yang tercermin dari hati yang bersih dan lembut. Diantaranya, rendah hati, tidak sombong dan perduli terhadap sesama. Sebagaimana Allah berfirman: “Maka disebabkan rahmat dari Allah-lah kamu berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu.” (QS. Ali Imron: 159).

Dalam Islam telah diajarkan bagaimana seseorang untuk mempunyai . Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Selasa (8/10/2019) dari laman okezone.com yang mengutip dari Aboutislam. Berikut ini beberapa yang bisa bikin hati selembut sutra:

Membaca Alquran

Cobalah untuk bergabung dalam halaqah di daerah rumah Anda. Dalam halaqah ini, cobalah untuk belajar sebanyak mungkin kandungan Alquran. Jika tidak bisa bergabung di komunitas tersebut, Anda dapat membaca Alquran atau mendengarkan di rumah dengan bantuan keluarga. Alquran dapat menyejukkan hati seseorang ketika membaca bahkan mendengarkannya.

Perbanyak Zikir (Mengingat Allah)

Rasulullah bersabda: ”kadang-kadang saya melihat selubung di hati saya, dan saya memohon kepada Allah untuk pengampunan seratus kali dalam sehari.” (HR. Muslim)

Ibnu Umar meriwayatkan bahwa Rasulullah bersabda: ”jangan menikmati pembicaraan berlebihan kecuali ketika mengingat Allah. Pembicaraan berlebihan tanpa peringatan Allah mengeraskan hati, dan mereka yang paling jauh dari Allah adalah mereka yang hatinya keras.” (At-Tirmidzi)

Manfaat zikir demikian luar biasa bagi kehidupan dunia akhirat. Allah pun senantiasa mengulang-ulang perintah tersebut agar Anda terus menerus mengamalkannya.

“Hai orang-orang yang beriman, berzikirlah (dengan menyebut nama) Allah, dengan zikir yang sebanyak-banyaknya.” (QS. Al-Ahzab [33]: 41).

Bahkan saat Anda usai salat pun, Allah tekankan agar Anda terus berzikir kepada-Nya.

“Maka apabila kamu telah menyelesaikan salat, ingatlah Allah di waktu berdiri, di waktu duduk dan di waktu berbaring” (QS. An-Nisa [4]: 103).

Perbanyak Doa (Permohonan)

An-Nawwas ibn Saman Al-Kilabi berkata: ”Rasulullah berkata: tidak ada hati yang tidak ada di antara dua jari yang maha penyayang. Jika dia menghendaki, dia membimbingnya dan jika dia menghendaki, dia mengirimkannya sesat.”

Utusan Allah biasanya berkata: ”Hai engkau yang membuat hati tabah, buatlah hati kami tabah dalam berpaut pada agama-Mu. Dia berkata: Skala ada di tangan yang maha penyayang; Dia akan menyebabkan beberapa orang bangkit dan yang lain akan jatuh sampai hari kiamat.” (Ibnu Majah)

Tujuan memohon kepada Allah Swt agar senantiasa berada dalam bimbingan dan rahmat-Nya, agar selamat dalam menjalani kehidupan dunia dan akhirat, mengungkapkan rasa syukur terhadap Allah Swt, meminta perlindungan Allah Swt dari godaan setan yang terkutuk, serta membuat hati agar tidak sombong.

Ingatlah Kematian

Dengan mengingat kematian, akan membuat hati Anda menjadi lebih lembut. Kalian bisa mengunjungi makam keluarga atau tokoh agama terdahulu dan mengirimnya doa.

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman: ”Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Dan sesungguhnya pada hari kiamat sajalah disempurnakan pahalamu. Barangsiapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga, maka sungguh ia telah beruntung. Kehidupan dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan yang memperdayakan.” [Ali Imran:185].

Maut merupakan ketetapan Allah. Seandainya ada seseorang yang selamat dari maut, niscaya manusia yang paling mulia pun akan selamat. Dengan mengigat kematian dapat menjadikan hati manusia menjadi lembut.

Baca Juga: DPRD Sampang Terima Nota Penjelasan Bupati Terhadap Raperda APBD 2020

Hindari Melakukan Dosa

Abu Hurairah meriwayatkan bahwa Rasulullah berkata: ”Sesungguhnya, ketika hamba (Allah) melakukan dosa, bintik hitam muncul di hatinya. Ketika dia menahan diri dari itu, mencari pengampunan dan bertobat, hatinya dipoles bersih. Tetapi jika dia kembali, itu meningkat sampai menutupi seluruh hatinya, dan itu adalah ‘Ran' yang disebutkan oleh Allah: ‘Tidak, tetapi di hati mereka adalah Ran yang mereka hasilkan.” (At-Tirmidzi).

Dalam ajaran islam dengan menghindari dosa akan bisa menjadikan pribadi yang baik. Selain itu, menghindari segala perbuatan buruk dapat membimbing manusia untuk mempunyai hati lembut.

Salat Lima Waktu dan Tepat Waktu
Melakukan hal sunah seperti puasa, beramal dan membantu orang miskin akan melembutkan hati Anda. Apalagi salat lima waktu yang jadi kewajiban dengan berjamaah dan tepat waktu.

Allah SWT berfirman: “Sesungguhnya salat itu adalah kewajiban yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman.” (QS. an-Nisa` [4] : 103).

Salat merupakan penyejuk hati, penghibur dan penenang jiwa. Oleh karena itu, Rasulullah bersabda: “Dijadikan kesenanganku dari dunia berupa wanita dan minyak wangi. Dan dijadikanlah penyejuk hatiku dalam ibadah shalat.” (HR. An-Nasa'i no. 3391 dan Ahmad 3: 128, shahih)

Bekerja di Tempat Baik

Bekerja di tempat dengan lingkungan yang baik akan menjadi bimbingan bagi Anda ketika menyimpang dari ajaran agama.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.