7 Cara Bikin Tubuh Tetap Sehat Selama Puasa Ramadan

Avatar of PortalMadura.com
7 Cara Bikin Tubuh Tetap Sehat Selama Puasa Ramadan
ilustrasi

PortalMadura.Com – Menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh, tentu umat Islam harus memerhatikan beberapa hal agar tetap sehat selama puasa. Mulai dari makanan sahur, waktu istirahat, hingga santapan ketika berbuka.

Untuk itu, memilih menu makanan yang sehat saat sahur dan berbuka bisa menjadi salah satu cara agar tetap sehat selama puasa.

Nah, berikut ini tujuh :

Jangan Lewatkan Waktu Sahur
Peran sahur saat berpuasa sangatlah penting agar Anda tetap sehat saat puasa. Menu yang dimakan bisa memengaruhi kerja tubuh Anda selama seharian penuh. Konsumsilah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti ubi, jagung, singkong, oatmeal, roti gandum dan nasi merah karena membantu menahan kenyang lebih dari 6 jam. Protein, buah, dan sayur serta air putih yang cukup juga membantu menjaga stamina Anda selama puasa.

Hindari Konsumsi Makanan Berminyak
Anda disarankan untuk menghindari konsumsi makanan berminyak jika ingin tetap sehat saat puasa. Makanan ini akan membuat sel darah merah menggumpal sehingga menyebabkan aliran oksigen menjadi berkurang hingga 20 persen. Akibatnya, Anda akan mengantuk pada siang hari.

Makan Secukupnya saat Berbuka Puasa
Langsung memakan banyak makanan hanya akan membuat perut terasa sesak akibat lambung akan mengecil dan enzim-enzim pencernaan berkurang. Para pakar kesehatan menganjurkan untuk makan secara bertahap agar tetap sehat saat puasa, mulai dari air putih beberapa teguk, sedikit makanan manis, dan selang minimal setengah atau satu jam baru makan besar.

Jangan Terlalu Banyak Makan atau Minum yang Manis-manis
Banyak orang yang keliru mengartikan maksud dari ‘berbuka dengan yang manis'. Mengonsumsi makanan atau minuman manis memang baik dilakukan pada saat buka puasa, hal ini agar dapat segera memulihkan energi setelah seharian berpuasa. Tapi yang keliru adalah porsi makanan atau minuman manis yang dikonsumsi terlalu banyak, apalagi jika rasa manis tersebut terbuat dari gula.

Hindari Minum Kopi dan Soda Sebelum Tidur
Pada saat makan malam, pastikan untuk tidak makan terlalu banyak agar tetap sehat saat puasa dan mencegah obesitas. Selain itu, hindari meminum kopi dan soda karena bisa membuat Anda sulit tidur dan menimbun banyak lemak. Ganti kedua minuman tersebut dengan air mineral dan jus buah.

Baca Juga: Perhatikan 5 Hal Ini Saat Puasa Agar Pencernaan Anda Tetap Sehat

Lakukan Olahraga Ringan saat Malam Hari
Agar tetap sehat saat puasa lakukan olahraga ringan saat malam hari. Misalnya, dengan berjalan kaki selama 15 hingga 20 menit setelah makan malam.

Perhatikan Pola Tidur
Selain memerhatikan asupan makanan, pengaturan pola tidur juga merupakan hal yang penting. Mengantuk selama puasa bukanlah disebabkan karena tidak makan dan minum seharian, melainkan karena tidak memiliki waktu tidur yang cukup. Jika harus bangun pagi untuk menyiapkan makan sahur, maka pada malam harinya Anda tidak boleh begadang untuk keperluan yang tidak terlalu penting.

Kalaupun tidur malamnya masih tidak mencukupi, luangkan waktu 20-30 menit untuk melakukan power-nap di siang hari. Tidur siang yang singkat tapi berkualitas akan membantu memulihkan energi dan membuat Anda tetap sehat selama puasa.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.