oleh

7 Cara Lancarkan BAB

PortalMadura.Com – Susah Buang Air Besar (BAB) biasanya disebabkan oleh banyak faktor. Seperti, makanan, stres atau bahkan keadaan lingkungan. Sehingga hal ini harus cept Anda atasi agar tidak menjadi parah dan berbahaya bagi tubuh.

Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah atau mengobati susah BAB, seperti beberapa cara sederhana ini. Apa saja?

7 Cara Lancarkan BAB

Berikut ini caranya:

Mengonsumsi Serat

Makanan kaya serat dengan kandungan air seperti wortel, apel, dan alpukat sangat membantu untuk melancarkan BAB. Menurut gastroenterologist Christine Lee dari Cleveland Clinic, makanan tersebut menciptakan gradien osmotik. Ini berarti mereka memaksa lebih banyak air untuk ditarik ke usus besar saat mencerna.

Mengonsumsi Suplemen Berserat

Lee mengatakan, Anda juga bisa mendapatkan efek makanan berserat dari suplemen. Carilah dosis tambahan harian dengan jumlah enam hingga sembilan gram serat yang tersedia tanpa resep.

Minum Kopi Panas

Minuman hangat seperti kopi atau teh, terutama di pagi hari, membantu seseorang untuk terbangun dan aktif. Panas dari kopi bisa merangsang gerakan. Salah satunya pergerakan usus.

Sedikit Olahraga

“Hiking, berjalan di tanah tidak rata, jogging, bersepeda, semuanya bisa meningkatkan metabolisme yang pada waktunya, meningkatkan motilitas usus,” kata Lee. Ini menjadi alasan mengapa saat tubuh bergerak aktif, seringkali merasa ingin BAB.

Memijat Perineum

Sebuah studi 2015 di Journal of General Internal Medicine, memijat perineum (bagian tubuh berupa hamparan kulit yang memisahkan vagina dengan anus) menggunakan telunjuk, membantu meringankan sembelit. Dalam studi itu, peserta yang melakukannya mengalami peningkatan fungsi usus dibandingkan dengan yang tidak.

Menggunakan Obat Pencahar Bebas Resep

Lee mengatakan, ada beberapa obat pencahar alami yang berfungsi untuk mengatasi sembelit dengan dosis rendah. Namun, jika terlalu banyak digunakan, ini bisa menimbulkan diare.

Obat Pencahar dengan Resep

Jika keadaan menjadi sangat buruk, Lee meminta Anda untuk segera pergi ke dokter dan meminta resep pencahar. “Obat resep efektif. Namun harganya mahal, umumnya ini menjadi upaya terakhir setelah Anda mencoba metode lain.”

Rewriter: Putri Kuzaifah
Sumber: Liputan6.com

Komentar