Libur Akhir Tahun, Ini Rujukan Wisata di Sumenep

Avatar of PortalMadura.com
Libur Akhir Tahun, Ini Rujukan Wisata di Sumenep
Sisi timur pulau Giliyang, Sumenep (Foto. @monicaflaviana05)

PortalMadura.Com, Sumenep – Libur akhir tahun menjadi kebiasaan bagi sebagian masyarakat Indonesia untuk berkunjung ke sejumlah tempat wisata, baik dalam negeri maupun luar negeri.

Namun, saat ini sudah banyak tempat-tempat wisata dalam negeri yang tidak kalah indah dengan luar negeri. Sejumlah daerah terus menggali dan mengemas potensi lokal menjadi sebuah destinasi wisata yang layak dan patut untuk dikunjungi.

Salah satunya, ada di ujung timur pulau Garam Madura. Tepatnya di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. Di daerah ini, telah memiliki banyak objek wisata, bahkan ada yang kelas dunia.

Pulau Giliyang misalnya, yang dikenal dengan pulau oksigen adalah wisata yang saat ini sedang diburu banyak orang. Sebab, kondisi oksigennya terbaik kedua dunia setelah Yordania.

Baca Juga:  Bulan Muharam, Prasasti Berisi Wasiat Panembahan Sumolo Dikembalikan ke Tempat Semula

Penduduk setempat, umurnya ada yang lebih dari 100 tahun, namun mereka masih sehat dan tidak ada masalah dengan kondisi kesehatannya. Itu karena kadar oksigennya sangat baik untuk kesehatan.

Keindahan alam lainnya tersaji di pulau Gili Labak. Pulau ini memiliki daya tarik pada lautnya. Pengunjung banyak yang menikmati keindahan bawah laut. Terumbu karang dan ikan warna-warni terlihat jelas karena kondisi airnya sangat bagus.

Pantai sembilan, juga menjadi rujukan banyak orang. Pantai ini ada di wilayah Kecamatan Giliraja. Wisata yang dikelola oleh pemerintah desa ini sudah terkenal dan banyak fasilitas yang dapat dinikmati para pengunjung.

Belum wisata lainnya yang dikelola oleh pemerintah daerah setempat. Misalnya, pantai Lombang dengan keindahan pohon cemara udangnya, pantai Salopeng yang dikenal dengan gunung pasirnya.

Baca Juga:  DPC BMI Madura Raya Dilantik, Achmad Fauzi Targetkan PDI Perjuangan Menang di Pemilu 2024

Sedangkan wisata yang ada di dekat kota. Wisata sejarah dan religi terkemas dengan baik, seperti Keraton Sumenep, Museum Keraton Sumenep, Masjid Jamik, dan Asta Tinggi (Makam raja-raja Sumenep).

Belum yang dikelola swasta, seperti Tectona di Batuan dan Water Park Sumekar (WPS) di Desa Kasengan, Manding yang menyajikan kolam renang, mainan anak-anak dan sajian lainnya.

Kadis Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Sumenep, Sufiyanto, mengajak kaula muda-mudi untuk berkunjung ke Sumenep pada libur akhir tahun 2018.

“Untuk mendapatkan wisata yang sekelas luar negeri tidak perlu lagi ke luar negeri. Sumenep, juga sudah punya Giliyang,” terangnya, Rabu (28/11/2018).

Menurutnya, semua destinasi wisata yang ada di Sumenep tersaji dengan alami dan layak untuk dikunjungi pada libur akhir tahun. “Pengunjung tinggal pilih, mau wisata yang mana. Sumenep memiliki semua kebutuhan di dunia wisata,” tandasnya. (Hartono)

Baca Juga:  Baling-Baling Patah, KLM Cinta Kembar Sempat Hilang Kontak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.