oleh

7 Cara Mengasah Kecerdasan dan Kreativitas Anak

PortalMadura.Com – Tidak hanya sebatas pintar dalam pelajaran sekolah, anak juga harus memiliki kreativitas. Kreativitas merupakan bekal bagi anak dalam menghadapi kehidupan yang sebenarnya nanti. Cara untuk mendapatkan kemampuan kreativitas tersebut, anak perlu dilatih sejak usia dini.

Kreativitas yang dilatih sejak kecil akan terbawa hingga anak dewasa kelak. Dilansir dari laman Fimela.Com, Jumat (30/10/2020) berikut beberapa cara meningkatkan kecerdasan dan kreativitas anak Anda.

Tentukan Ruang untuk Berkreasi

Tidak perlu ruang bermain yang mewah, Anda bisa memanfaatkan ruang keluarga untuk anak bermain seperti lego atau puzzle. Cara agar anak merasa mereka memiliki kuasa atas ruang mereka, Anda bisa memberikan anak-anak buku bacaan untuk mengasah kreativitas dan kecerdasaannya.

Buat Sesederhana Mungkin

Tidak harus membuat permainan yang rumit. Sebaiknya gunakan permainan dan aktivitas sederhana. Misalnya, dia bermain lego tidak perlu serupa dengan contoh, biarkan imajinasinya membuat lego dalam bentuk yang ingin anak buat.

Berikan Waktu Luang

Penting juga untuk memberi anak waktu tidak terstruktur. Habiskan beberapa jam di rumah tanpa aktivitas yang dijadwalkan, jadi anak bisa bermain-main.

Bantu Anak Mengaktifkan Indra

Ajak anak-anak ke dunia luar sehingga mereka dapat menggunakan semua indranya, tidak perlu perjalanan yang mahal atau rumit. Bawa mereka ke perpustakaan, museum, dan luar ruangan. Mintalah mereka membayangkan apa yang mereka lihat dan ceritakan.

Kembangkan Pemikiran Kritis

Ketika anak-anak bertambah besar, tanyakan kepada mereka bagaimana mereka mendekati masalah tertentu dan bagaimana mereka dapat melakukan sesuatu secara berbeda. Mintalah anak-anak bertukar pikiran tentang ide-ide mereka di atas kertas.

Jangan Mengatur

Anak-anak memiliki kemampuan bawaan yang luar biasa untuk menjadi kreatif saat mereka bermain sendiri dengan bebas, dan sayangnya, tindakan menjadi orang tua yang berlebihan mengurangi atau bahkan menghapus kemampuan bawaan itu.

Ubah Lingkungan menjadi tempat bermain. Jadi, penting untuk mencari tahu bagaimana memfasilitasi kreativitas anak tanpa mengaturnya.

Cukupi Kebutuhan Tidur Anak

Waktu tidur yang cukup merupakan hal yang sangat penting agar anak pintar. Tidur bisa memengaruhi daya ingat, kreativitas, dan kemampuan menyelesaikan masalah.

Anak yang kurang tidur akan lebih sulit berkonsentrasi dan menyerap informasi. Anak usia prasekolah (4-6 tahun) perlu tidur sebanyak 11-13 jam per hari. Anak usia sekolah (7-12 tahun) perlu tidur 10-11 jam per hari.

Rewriter : Oktaviana Dwi K.K
Sumber : fimela.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.