oleh

Barley, Biji-bijian yang Memiliki Banyak Manfaat untuk Tubuh

PortalMadura.Com – Barley atau dikenal juga dengan sebutan jelai adalah salah satu jenis biji-bijian yang kaya akan serat. Barley sering kali dijadikan sebagai bahan baku dalam pembuatan roti hingga kue kering.

Barley memiliki banyak manfaat untuk tubuh, mulai dari menjaga berat badan tetap ideal hingga mencegah berbagai penyakit berbahaya seperti penyakit jantung dan diabetes.

Dilansri dari laman Alodokter.Com, Jumat (30/10/2020), berikut ini adalah beberapa manfaat barley untuk kesehatan:

Menjaga Berat Badan

Sebagai makanan berserat tinggi, barley akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Bila dikonsumsi secara rutin, barley dapat membantu Anda menjaga berat badan tetap ideal. Kandungan beta-glukan dalam barley juga bisa mengurangi jaringan lemak di perut dan meningkatkan metabolisme tubuh.

Melancarkan Saluran Pencernaan

Selain menjaga berat badan, kandungan serat dalam barley juga bermanfaat untuk melancarkan pencernaan dan mencegah konstipasi. Karena mengandung prebiotik. Ini artinya barley dapat mendukung pertumbuhan bakteri baik dalam usus.

Menurunkan Kadar Kolesterol dalam Tubuh

Barley merupakan salah satu jenis makanan tinggi protein dan serat serta rendah lemak. Kandungan serat yang tinggi pada barley dapat mengurangi penyerapan kolesterol, sehingga mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Serat pada barley dapat menurunkan kadar kolesterol, sedangkan kandungan kaliumnya bisa menurunkan tekanan darah. Manfaat ini menjadikan barley baik dikonsumsi secara rutin untuk menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

Mencegah Diabetes

Kombinasi nutrisi dan zat tersebut membuat barley bermanfaat dalam menurunkan kadar gula darah dan mengoptimalkan kinerja hormon insulin. Dengan demikian, risiko terjadinya penyakit diabetes pun dapat berkurang.

Rewriter : Raudatul Fitrah
Sumber : Alodokter.Com

Komentar