7 Cara Mudah Ajarkan Anak Tentang Konsep Uang

Avatar of PortalMadura.com
7 Cara Mudah Ajarkan Anak Tentang Konsep Uang
Ilustrasi (orami.co.id)

PortalMadura.Com – Saat usia dini, penting bagi ibu mulai memperkenalkan anak untuk mengerti tentang uang. Hal itu baik agar ia bisa belajar menghargai arti uang. Anda bisa memilih mengenalkannya dengan cara-cara yang menyenangkan agar ia lebih bisa memahami apa yang Anda sampaikan dan tidak merasa bosan.

Dilansir dari laman Fimela.Com, Selasa (22/6/2021) berikut beberapa cara mudah yang dapat dilakukan orang tua untuk mengajarkan anak tentang uang:

Permaianan yang Berhubungan dengan Keuangan

Anda bisa memperkenalkan dengan metode permainan. Permainan seperti monopoli bisa menjadi cara yang menyenangkan bagi anak-anak untuk belajar tentang uang. Kumpulkan seluruh anggota keluarga, dan bermain bersama akan lebih menyenangkan bagi anak-anak.

Ajak

Mengajari anak-anak tentang uang dapat menjadi bagian dari rutinitas rumah tangga biasa seperti pergi ke toko bahan makanan. Beri tahu anak berapa anggaran yang akan dibelanjakan. Ajarkan anak cara cermat untuk berbelanja agar tidak terjadi pemborosan, misalnya seperti memanfaatkan kupon atau diskon.

Ajarkan Anak untuk Menabung

Pastikan anak memiliki tempat yang aman untuk menyimpan uangnya. Membiarkan mereka memilih celengan atau dompet yang menarik adalah awal yang baik. Anda mungkin ingin memberi anak 3 wadah berbeda untuk uang mereka, seperti stoples kaca atau kaleng kopi untuk membantu mengaturnya.

Stoples 1 untuk simpanan, stoples 2 untuk dibelanjakan dan stoples 3 untuk disumbangkan ke badan amal. Dari situ Anda dapat memutuskan bersama bagaimana membagi uang saku mingguan mereka di antara tiga stoples itu.

Ajak Anak Ke

Pergilah bersama anak ke bank dan buka rekening. Ini adalah kesempatan sempurna untuk merangkai konsep keuangan yang lebih baik untuk anak. Menyimpan rekening tabungan, misalnya memberi Anda kesempatan untuk menjelaskan kepada anak bahwa uang mereka akan bertambah di bank daripada dicelengan di rumah.

Ajarkan Anak Berbicara Tentang Uang

Anak-anak sekolah dasar sering kali ingin tahu tentang hal-hal seperti berapa biaya rumah seseorang atau gaji orang tua mereka. Namun mereka biasanya tidak memiliki konsep dunia nyata tentang arti angka itu.

Meskipun merasa nyaman mendiskusikan keuangan keluarga dengan anak di rumah, jelaskan dengan lembut bahwa tidak sopan menanyakan orang lain berapa uang yang mereka hasilkan atau belanjakan. Anda mungkin juga ingin mencegah anak membahas keuangan keluarga dengan teman atau teman sekelas.

Berikan Teladan yang Baik

Perilaku finansial akan menjadi teladan bagi anak-anak. Misalnya jangan pernah berbohong tentang pembelian apa pun. Penting juga untuk selalu memasukkan pembelian ke dalam konteks dan menekan bahwa barang material bukanlah yang membuat orang bahagia. Ingatkan anak bahwa beberapa hal paling berharga dalam hidup adalah seperti menghabiskan waktu bersama.

Ajarkan Tentang Kedermawanan

Bantu anak untuk memandang uang dalam perspektif dengan menunjukkan kepada mereka bahwa hal-hal seperti cinta sebuah keluarga, memiliki cukup makanan dan tempat tinggal. Ajarkan anak untuk berbagi kepada mereka yang membutuhkan.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.