7 Cara Tepat Keramas yang Jarang Diketahui

Avatar of PortalMadura.com
7 Cara Tepat Keramas yang Jarang Diketahui
ilustrasi

PortalMadura.Com – Keramas merupakan salah satu rutinitas yang wajib dilakukan setiap orang selain mandi. Sayangnya, jarang orang yang tahu tentang hal-hal penting yang harus diperhatikan saat keramas, hal ini agar rambut tidak cepat rusak.

Misalnya, mungkin Anda pernah merasa jengkel karena sudah rajin keramas, kenapa rambut masih sulit diatur, rontok, kusam, sampai mengalami masalah ketombe. Padahal Anda sudah memilih sampo yang tepat sesuai yang dibutuhkan.

Head of Research and Development Skin Care and Hair Care Wardah Comestics, Ridwan Sonjaya menjelaskan, beberapa orang terkadang salah saat melakukan teknik keramas. Bukannya rambut indah dan tumbuh sehat, akibatnya malah rusak.

“Kesalahan keramas sering terjadi daripada kesalahan memilih sampo. Ini yang tidak dimengerti orang, tapi tetap dilakukan,” ucapnya.

Ridwan langsung membeberkan teknik yang benar pada saat keramas, supaya rambut tidak cepat rusak. Menurutnya, semua bahan sampo sudah diformulasi dengan baik oleh para ahli, sehingga manfaatnya terjaga. Untuk itu, agar Anda tidak lagi salah keramas, ada beberapa cara yang perlu Anda ketahui. Apa saja?.

Berikut ini uraiannya:

Saat Keramas, Pastikan Kondisi Rambut dan Kulit Kepala Basah
Jangan sampai masih kering lalu diusap dengan sampo, apalagi nanti bilasnya kurang bersih. Bisa malah bikin rambut rusak karena ada bahan aktif yang tertinggal.

Pemakaian Sampo Tergantung Tebal Rambut
Sampo yang akan dipakai tergantung tingkat ketebalan rambut. Kalau rambut normal, cukup tuang sampo di bagian telapak tangan secukupnya. Usapkan sampai merata dan tidak terlalu berlebihan.

Lakukan Teknik Pemijatan
Setelah mengusap sampo ke kepala, usahakan sambil memijat kulit kepala sekitar 3-5 menit. Biasanya arahnya ke belakang, dari kulit kepala ke bagian rambut. Cara ini fungsinya dapat menenangkan kondisi kulit kepala Anda.

Dibilas dengan Air Bersih
Saat membilas, pastikan jangan ada busa halus yang menempel di rambut. Kalau ada sisa busa yang menempel, bisa membuat kulit kepala jadi gatal.

Baca Juga: Jangan Sepelekan, 3 Kesalahan Keramas Ini Bisa Sebabkan Ketombe

Keringkan dengan Benar
Setelah dibilas, pakailah handuk untuk mengeringkan. Tapi jangan digosok karena rambut akan rapuh. Baiknya handuk itu ditempel, untuk meminimalisir air. Lalu biarkan kering sendiri agar rambut tetap sehat.

Keramas Dua Kali Sehari
Bagi yang tidak hobi keramas awas rambut akan apek dan tidak sehat. Bahkan, Anda disarankan untuk keramas dua kali sehari untuk perempuan dan sehari sekali untuk pria. Pilih juga sampo yang aman, tidak mengandung silikon dan deterjen berlebihan.

Pakai Kondisioner
Setelah keramas penting Anda memakai kondisioner agar rambut lebih sehat. Caranya aplikasikan di batang rambut agar rambut tumbuh normal. Tekniknya, usaplah bagian batang rambut ke bawah. Jangan digosok-gosok ke kepala agar tidak memicu kulit kepala berminyak. Selamat mencoba!

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.