7 Fraksi Kompak Pemekaran Pamekasan

Avatar of PortalMadura.Com
7 Fraksi Kompak Pemekaran Pamekasan

PortalMadura.Com, Tujuh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah () Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur mempunyai inisiatif agar Pamekasan dimekarkan.

Ke 7 fraksi itu, meliputi Fraksi Nasdem, Fraksi Demokrat, Fraksi Merah Putih (GERINDRA-PDIP), Fraksi PAN-Sejahtera, Fraksi Demokrat, Fraksi PKB, dan Fraksi PBB. Sementara Fraksi PPP masih gamang.

Inisiator sekaligus pimpinan rapat, Ismail, menuturkan gagasan wilayah Pamekasan guna memenuhi syarat pembentukan provinsi Madura.

Menurut politikus Demokrat ini, pemekaran Kabupaten Pamekasan menjadi dua wilayah yaitu Kota dan Kabupaten Pamekasan akan memberikan dampak positif.

Undang-undang nomor 23 tahun 2014 menyatakan bahwa pembentukan kota administratif hanya membutuhkan empat kecamatan.

“Kami akan usulkan 4 kecamatan, yakni Kecamatan Kota, Kecamatan Tlanakan, Kecamatan Pademawu dan Kecamatan Galis untuk menjadi Kota Pamekasan,” paparnya, Senin (13/11/2017).

Pria yang juga menjabat sebagai Ketua Komisi 1 DPRD Pamekasan ini, beralasan bahwa Pamekasan layak dimekarkan.

“Ini demi memenuhi syarat pembentukan provinsi Madura dan demi kesejahteraan masyarakat Madura,” katanya.

Ismail bersama para fraksi yang setuju akan membahas lebih lanjut dan akan diusulkan untuk menjadi pembahasan di Bamus DPRD.

Usulan Ismail disetujui oleh 7 Fraksi kecuali Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (FPPP) yang masih meminta agar fraksi lainnya membuat kajian terkait pemekaran tersebut.

Perwakilan Fraksi PPP, Mohammad Sahur, menginginkan agar usulan pemekaran dipasrahkan pada Panitia Persiapan Pembentukan Provinsi Madura (P4M).

“Usulkan dulu ke P4M, baru nanti setelah dapat keputusan kabupaten mana yang layak dimekarkan,” pungkasnya.(Hasibuddin/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.