oleh

Ketahui 7 Hal Penyebab Rambut Anda Rontok

PortalMadura.Com – Memiliki rambut, kuat dan tebal merupakan idaman setiap orang. Khususnya bagi perempuan rambut adalah mahkota terindah yang dimiliki. Namun banyak orang yang mengalami rambut rontok, sehingga ini akan membuat rambut Anda semakin tipis.

Ketika Anda mengalami permasalahan rambut ini, maka Anda harus cari tahu penyebab rambut Anda menjadi rontok. Dilansir dari laman Genpi.co ada tujuh hal yang membuat rambut menjadi rontok, Jumat (26/6/2020).

Tiroid

Metabolisme di tubuh di atur oleh tiroid yang menghasilkan protein dan jaringan. Penyebab rambut rontok bisa disebabkan karena Anda memiliki masalah pada tiroid, seperti menderita hipotiroidisme dan hipertiroidisme.

Kulit Kepala

Kulit kepala Anda mengalami infeksi ini akan membuat rambut Anda cepat rontok. Adanya infeksi jamur pada kulit kepala Anda ditandai dengan gatal, merah, bercak botak, dan melepuh. Jika Anda mengalami ini sebaiknya konsultasikan pada dokter agar diberikan penanganan yang tepat.

Kehamilan

Sebagian besar perempuan yang sedang hamil akan mengalami kerontokan pada rambut. Ini disebabkan karena penurunan hormon estrogen saat Anda hamil. Masalah ini hanya bersifat sementara namun jika Anda masih mengalami masalah ini setelah melahirkan sebaiknya dikonsultasikan pada dokter.

Obat-obatan

Beberapa obat dapat menyebabkan kerontokan pada rambut, seperti obat pengencer darah dan obat penurun kolesterol.

Kekurangan Nutrisi

Saat Anda diet rendah protein, vitamin D B12, dan zat besi dapat menyebabkan kerontokan rambut yang parah. Saat Anda mengalami ini sebaiknya konsultasikan pada dokter dan melakukan tes darah di labolatorim untuk mengetahui kondisi Anda.

Stres

Stres ini sangat membahayakan tubuh Anda, karena saat Anda mengalami stress maka kesehatan seluruh tubuh akan terganggu. Stres dapat meningkatkan produksi androgen sehingga ini bisa menyebabkan rambut rontok bahkan juga berdampak buruk pada kondisi kulit kepala Anda.

Usia

Semakin bertambahnya usia maka tubuh banyak mengalami perubahan. Bahkan pada perempuan yang sudah memasuki usia menopause seluruh anggota tubuh mengalami penurunan. Penurunan ini juga terjadi pada rambu Anda, sehingga rambut mengalami penipisan yang menyebabkan terjadinya kerontokan. Masalah ini normal karena ini merupakan proses dari penuaan.

Jika Anda mengalami kerontokan rambut yang sangat parah, sebaiknya konsultasikan pada dokter Anda agar tidak terjadi kebotakan. Lakukan perawatan dan gunakan produk yang sudah aman ber BPOM.

Rewriter : Lisa Mana L
Sumber : Genpi.co
Tirto.ID
Loading...

Komentar