7 Hikmah Salat di Masjid yang Perlu Anda Ketahui

Avatar of PortalMadura.Com
7 Hikmah Salat di Masjid yang Perlu Anda Ketahui
ilustrasi

PortalMadura.Com – Menjalankkan salat lima waktu merupakan suatu kewajiban yang harus dipenuhi oleh seorang muslim. Tidak peduli dimanapun berada, bila tiba waktu salat maka harus melaksankannya. Namun, bagi kaum laki-laki salat berjamaah di masjid atau musala merupakan kewajiban yang tidak bisa ditawar-tawar kecuali ada halangan yang serius.

Berbeda halnya dengan perempuan yang melaksanakan salat di rumah, justru diutamakan. Berikut adalah hikmah yang bisa dipetik dari melaksanakan salat di masjid.

Salat Awal Waktu
Hal ini melatih kita untuk tepat waktu. Seperti halnya kita datang ke kantor atau menghadiri rapat di perusahaan pada waktu yang tepat. Kita peduli terhadap waktu untuk menyiapkan segala sesuatu agar semua pekerjaan dapat diselesaikan dalam batas waktu yang telah ditetapkan


Hal ini mengajakan kita untuk mengenal beragam sikap manusia. Adakalanya kita tidak nyaman dengan perbuatan para jemaah di masjid dan mungkin juga kita akan membuat orang lain tidak nyaman. Misalnya, membaca baccaan terlalu keras ketika salat. Memakai pakaian yang baunya kurang sedap atau memakai parfum yang terlalu wangi akan menyebabkan orang lain tidak nyaman.

Taat dan Patuh Pada Imam
Salat berjemaah diketuai oleh seorang imam. Mendahului imam adalah berdosa. Maka kita akan senantiasa patuh pada imam. Menunggu bacaannya selesai, menunggu gerakannya selesai, dan lain-lain. Ini akan melatih diri kita untuk taat kepada pimpinan melakukan kesalahan, kita wajib menegurnya, sebagaimana kita menegur imam jika dalam salat bila lupa rakaat atau salah membaca bacaan.

Tertib
Satu per satu gerakan badan di dalam setiap rukun salat harus diikuti dengan tertib. Ini secara tidak langsung mendidik kita bagaimana menyelesaikan pekerjaan dalam hidup sehari-hari secara tersusun. Jika kita sedang mendapatkan banyak pekerjaan dalam waktu yang bersamaan, kita akan menyusun semua pekerjaan tersebut bedasarkan kepentingan (prioritas). Metode tertib dalam melakukan pekerjaan akan membuat kita dapat bekerja secara rapi dan teratur.

Tuma'ninah
Berhenti sejenak di antara pergerakan dari satu rukun ke rukun yang lain dalam salat disebut tuma'ninah. Bisa dikatakan inilah metode “one by one” atau satu demi satu. Hal ini mendidik kita untuk tidak tergesa-gesa dalam melakukan suatu pekerjaan. Hendaknya menyiapkan pekerjaan tersebut secara satu per satu (mengikuti urutan) dan apabila telah selesai satu pekerjaan, barulah mengerjakan pekerjaan yang berikutnya.

Persiapan Awal
Jarak antara tempat kerja atau rumah ke tempat salat yaitu masjid atau musala yang agak jauh mengharuskan kita berangkat lebih awal untuk menghindari keterlambatan, sehingga bisa hadir di masjid sebelum azan berkumandang. Inilah metode terbaik yang bisa diterapkan untuk menyelesaikan pekerjaan atau proyek besar, yaitu dengan membuat persiapan awal. Hal ini bisa menghindarkan kita dari ketergesa-gesaan yang menyebabkan keterlambatan menepati waktu atau tanggal yang telah ditetapkan.

Belajar Berkorban
Korbankan waktu istirahat. Untuk salat di masjid, kita harus melakukan pesiapan awal dan harus pergi ke masjid, baik dengan berjalan kaki atau dengan kendaraan. Kadangkala kita merasa letih karena lelah bekerja atau merasa tidak senang karena dengan asyik menonton acara kegemaran di televisi. Tetapi, karena standar salat kita adalah di masjid, kita akan korbakan semua itu semata-mata karena Allah. Maka, akan terbinalah perasaan untuk senantiasa mendahulukan Allah dalam segala perbuatan yang akan kita lakukan sehari-hari.

Demikian hikmah yang dapat diambil dari salat di masjid bagi kaum laki-laki. Semoga informasi di atas bermanfaat. (islampos.com/Nanik)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.