oleh

7 Kecamatan Di Sampang Rawan Bencana

SAMPANG (PortalMadura) – Sedikitnya 7 kecamatan di Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur rawan bencana alam, selain banjir di wilayah kota juga rawan puting beliung di awal musim penghujan tahun 2013.

“Ada 6 kecamatan yang rawan puting beliung dan 1 kecamatan kota yang rawan banjir tahunan,” terang, Wisnu Hartono, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat, Minggu (3/11/2013).

Enam (6) kecamatan yang masuk katagori rawan puting beliung yakni Kecamatan Omben, Karang Penang, Kadungdung, Banyuates, Tambelangan dan Robatal. “Kondisinya, rata-rata berada didataran rendah yang sering terjadi puting beliung,” katanya.

Informasi yang diterima pihaknya, bahwa prediksi dari Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) Jawa Timur (Jatim), angin puting beliung dimusim pancaroba tahun ini akan terjadi sampai minggu ke 2 bulan November. “Di awal musim penghujan ini yang perlu waspada dengan datangnya puting beliung,” ujarnya.

Sedangkan bencana banjir tahunan yang kerap kali melanda kota akibat luapan sungai kemuning diprediksi bakal terjadi sekitar bulan Januari sampai Februari 2014. “Hujan besar diprediksi bakal terjadi pada bulan Januari sampai Februari 2014,” tandasnya.

Sementara, sebagian wilayah Kabupaten Sumenep, hari ini diguyur hujan. Antara lain, wilayah kota, Kalianget dan Saronggi. Namun belum ada laporan bencana alam seperti yang sudah terjadi di wilayah lain di Madura. “Alhamdulillah, belum ada kejadian di awal musim penghujan tahun ini. Hari ini baru hujan pertamakalinya dan masih mendung,” terang Rina (28), warga Kecamatan Saronggi, Sumenep.(lora/udien/htn)


Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE