oleh

7 Kegunaan Tea Tree Oil Bagi Kecantikan Rambut

PortalMadura.Com – Memiliki rambut tipis merupakan mimpi terburuk bagi setiap kaum hawa. Maka dari itu, untuk mendapatkan rambut tebal alami yang indah dan hitam, para wanita bisa memanfaatkan tea tree oil untuk mengatasi kerusakan rambut tersebut.

Tidak heran, jika tea tree oil sendiri sering digunakan untuk produk perawatan rambut, seperti sampo dan kondisioner. Selain itu, bahan alami ini juga mampu meningkatkan sirkulasi darah yang membantu mengeluarkan racun dan menstimulasi folikel rambut yang tidak aktif.

Bahkan, sifat antiseptik, antijamur, antibakteri, anti-inflamasi, dan antioksidan dari tea tree oil mampu membuat rambut tetap bersih dan sehat. Masih banyak lagi manfaat tea tree oil bagi rambut, apa saja?.

Berikut tujuh manfaat tea tree oil bagi kecantikan rambut:

Untuk Menghaluskan Rambut
Karena sifatnya yang ringan dan menghidrasi, minyak zaitun dapat digunakan untuk semua jenis rambut. Ini akan membuat rambut terasa lembut dan halus serta menjaganya agar tetap lembap. Caranya, campurkan tea tree oil dengan minyak zaitun dengan jumlah yang sama. Oleskan pada rambut. Diamkan selama satu jam dan cuci dengan mild shampoo.

Merangsang Pertumbuhan Rambut
Minyak kelapa mampu mencegah hilangnya protein pada rambut sehingga rambut Anda tetap sehat dan kuat. Ketika digunakan dengan tea tree oil akan meningkatkan kesehatan kulit kepala dan merangsang pertumbuhan rambut. Penggunaan minyak kelapa tidak disarankan untuk kulit berminyak.

Melembapkan Rambut
Tea tree oil berkhasiat untuk melembapkan rambut jika dicampurkan dengan aloe vera. Campuran ini berfungsi sebagai masker rambut yang mampu membersihkan rambut. Yang Anda butuhkan adalah 4-5 tetes tea tree oil dan setengah cangkir gel lidah buaya.

Caranya, campur bahan-bahan ini di dalam mangkuk dan terapkan di rambut Anda dari akar hingga ke ujung rambut. Diamkan selama 30-45 menit. Kemudian bilas dengan sampo.

Mengatasi Ketombe
Tea tree oil mampu menghilangkan penyebab kekeringan pada kulit kepala dan pengelupasan di kulit kepala. Tea tree oil juga menghilangkan gatal akibat ketombe. Gunakan lima tetes tea tree oil ke sampo Anda. Oleskan di kulit kepala dan pijat dengan lembut. Diamkan selam 5-7 menit. Kemudian bilas dengan air biasa.

Menghilangkan Kutu Rambut
Kutu pada kulit kepala disebabkan oleh kesehatan kulit yang buruk dan menyebar melalui kontak fisik. Tea tree oil yang mengandung sifat insektisida akan membantu membunuh kutu di kepala. Caranya, campur lima hingga tujus tetes tea tree oil dengan satu sendok makan minyak sayur. Terapkan di kulit kepala dan gunakan haircap. Diamkan semalaman dan bersihkan dengan sampo herbal keesokan harinya.

Menebalkan Rambut
Tea tree oil akan membuat rambut lebih panjang, lebih tebal, dan lebih indah. Aplikasikan beberapa tetes tea tree oil di kulit kepala dan pijat dengan lembut. Kemudian bungkus dengan handuk hangat. Diamkan selama 30 menit. Anda bisa mengaplikasikan dua kali seminggu untuk hasil yang lebih maksimal.

Mencegah Rambut Rontok
Anda bisa menggunakan tea tree oil dan putih telur sebagai masker rambut untuk mengurangi kerontokan rambut. Caranya, ambil satu atau dua telur dan pisahkan kuning telur dari putih telur. Ambil putih telurnya dan tambahkan lima tetes tea tree oil. Pijat campuran ini ke kulit kepala selama 5 hingga 10 menit. Diamkan selama 30 hingga 40 menit sebelum mencucinya dengan sampo. Lakukan perawatan ini dua kali seminggu. (liputan6.com/Salimah)


Komentar