7 Khasiat Tersembunyi Bawang Bombai untuk Kesehatan

Avatar of PortalMadura.com
7 Khasiat Tersembunyi Bawang Bombai untuk Kesehatan (1)
7 Khasiat Tersembunyi Bawang Bombai untuk Kesehatan (1)

PortalMadura.Com – Salah satu bumbu dapur yang jarang disukai karena baunya yang kurang sedap dan juga membuat menangis ketika mengupasnya, yaitu . Akan tetapi, ternyata bumbu dapur yang satu ini punya banyak manfaat untuk kesehatan.

Pasalnya, bawang bombai memiliki antioksidan dan serat, juga kaya akan vitamin B, vitamin C, sulfur, zat besi, kalium juga kalsium. Selain itu, bawang jenis ini juga memiliki tujuh manfaat sehat yang jarang diketahui.

7 Khasiat Tersembunyi Bawang Bombai untuk Kesehatan

Berikut ini uraiannya:

Mengurangi Nyeri Setelah Disengat Lebah

Kebanyakan orang menggunakan obat penghilang rasa sakit atau menggunakan es ketika tersengat lebah. Jarang orang mengetahui kalau ternyata bawang bombai dapat mengurangi nyeri setelah tersengat lebah.

Ketika Anda disengat lebah, oleskan potongan bawang segar di area yang tersengat. Hal ini dapat membantu mengurangi bengkak dan juga nyeri.

Menurunkan Kolesterol

Menurut sebuah studi di Chinese University, Hong Kong, bawang bombai dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Menurut penelitian, mengonsumsi bawang mentah secara teratur dapat membantu meningkatkan kadar HDL atau kolesterol baik sebesar 30%. Bawang putih, bawang merah, dan daun bawang juga efektif untuk menurunkan kolesterol jahat di tubuh Anda.

Meningkatkan Asupan Glutathione

Glutathione adalah antioksidan yang penting untuk tubuh. Dengan mengonsumsi banyak bawang, brokoli, dan kembang kol, Anda dapat menghasilkan lebih banyak glutathione. Jadi, dengan mengonsumsi bawang secara teratur dapat menangkal penyakit jantung, alzheimer, bahkan penyakit kanker.

Mengatasi Gangguan Pernapasan dan Dingin

Bawang memiliki sifat ekspektoran yang membantu dalam mengobati gangguan pernapasan dan juga rasa dingin. Bawang telah digunakan selama berabad-abad untuk menyembuhkan bronkitis, infeksi metabolisme dan batuk.

Karena itu, banyak juga dokter yang merekomendasikan bawang merah untuk melawan flu.

Mengurangi Kadar Glukosa

Jika Anda ingin mengurangi kadar gula darah secara alami, mulailah makan bawang setiap hari. Karena bawang mengandung allyl propyl disulfide yang tidak lain adalah minyak bawang. Minyak bawang ini membantu mengurangi dan menyeimbangkan kadar gula darah dalam tubuh.

Bawang juga terdiri dari kromium yang juga membantu meningkatkan toleransi glukosa sehingga menurunkan kadar gula.

BACA JUGA: 10 Manfaat Buah Delima bagi Kesehatan

Melawan Kanker

Karena bawang mengandung berbagai jenis sulfida, maka ia bertindak sebagai perisai terhadap pertumbuhan neoplasma.

Mengonsumsi bawang secara teratur dapat menyembuhkan atau bahkan dapat mengurangi risiko terkena kanker seperti kanker sel ginjal, kanker prostat, kanker payudara, dan kanker laring.

Menjaga Kesehatan Otak

Siapa yang tidak khawatir dengan ketajaman otak?. Tentu saja Anda semua khawatir dengan ingatan dan kemampuan mental Anda. Mengonsumsi bawang secara teratur dapat menjaga kesehatan otak terutama ketika

Anda mengalami penggumpalan di otak atau otak Anda rusak karena stroke. Bawang memiliki peran penting dalam fungsi otak Anda, maka dari itu sangat dianjurkan untuk dikonsumsi setiap hari.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.