oleh

7 Khasiat Tersembunyi Bawang Bombai untuk Kesehatan

PortalMadura.Com – Salah satu bumbu dapur yang jarang disukai karena baunya yang kurang sedap dan juga membuat menangis ketika mengupasnya, yaitu bawang bombai. Akan tetapi, ternyata bumbu dapur yang satu ini punya banyak manfaat untuk kesehatan.

Pasalnya, bawang bombai memiliki antioksidan dan serat, juga kaya akan vitamin B, vitamin C, sulfur, zat besi, kalium juga kalsium. Selain itu, bawang jenis ini juga memiliki tujuh manfaat sehat yang jarang diketahui.

Berikut ini uraiannya:

Mengurangi Nyeri Setelah Disengat Lebah
Kebanyakan orang menggunakan obat penghilang rasa sakit atau menggunakan es ketika tersengat lebah. Jarang orang mengetahui kalau ternyata bawang bombai dapat mengurangi nyeri setelah tersengat lebah. Ketika Anda disengat lebah, oleskan potongan bawang segar di area yang tersengat. Hal ini dapat membantu mengurangi bengkak dan juga nyeri.

Menurunkan Kolesterol
Menurut sebuah studi di Chinese University, Hong Kong, bawang bombai dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Menurut penelitian, mengonsumsi bawang mentah secara teratur dapat membantu meningkatkan kadar HDL atau kolesterol baik sebesar 30%. Bawang putih, bawang merah, dan daun bawang juga efektif untuk menurunkan kolesterol jahat di tubuh Anda.

Meningkatkan Asupan Glutathione
Glutathione adalah antioksidan yang penting untuk tubuh. Dengan mengonsumsi banyak bawang, brokoli, dan kembang kol, Anda dapat menghasilkan lebih banyak glutathione. Jadi, dengan mengonsumsi bawang secara teratur dapat menangkal penyakit jantung, alzheimer, bahkan penyakit kanker.

Mengatasi Gangguan Pernapasan dan Dingin
Bawang memiliki sifat ekspektoran yang membantu dalam mengobati gangguan pernapasan dan juga rasa dingin. Bawang telah digunakan selama berabad-abad untuk menyembuhkan bronkitis, infeksi metabolisme dan batuk. Karena itu, banyak juga dokter yang merekomendasikan bawang merah untuk melawan flu.

Mengurangi Kadar Glukosa
Jika Anda ingin mengurangi kadar gula darah secara alami, mulailah makan bawang setiap hari. Karena bawang mengandung allyl propyl disulfide yang tidak lain adalah minyak bawang. Minyak bawang ini membantu mengurangi dan menyeimbangkan kadar gula darah dalam tubuh. Bawang juga terdiri dari kromium yang juga membantu meningkatkan toleransi glukosa sehingga menurunkan kadar gula.

Melawan Kanker
Karena bawang mengandung berbagai jenis sulfida, maka ia bertindak sebagai perisai terhadap pertumbuhan neoplasma. Mengonsumsi bawang secara teratur dapat menyembuhkan atau bahkan dapat mengurangi risiko terkena kanker seperti kanker sel ginjal, kanker prostat, kanker payudara, dan kanker laring.

Menjaga Kesehatan Otak
Siapa yang tidak khawatir dengan ketajaman otak?. Tentu saja Anda semua khawatir dengan ingatan dan kemampuan mental Anda. Mengonsumsi bawang secara teratur dapat menjaga kesehatan otak terutama ketika Anda mengalami penggumpalan di otak atau otak Anda rusak karena stroke. Bawang memiliki peran penting dalam fungsi otak Anda, maka dari itu sangat dianjurkan untuk dikonsumsi setiap hari. (okezone.com/Salimah)


Komentar