7 Manfaat Bawang Putih untuk Wanita dan Cara Menggunakannya

Avatar of PortalMadura.com
5 Manfaat Bawang Putih untuk Wanita dan Cara Menggunakannya
5 Manfaat Bawang Putih untuk Wanita dan Cara Menggunakannya

PortalMadura.com- merupakan salah satu bahan masakan inti. Bumbu ini berfungsi untuk menambah cita rasa makanan. Bawang putih termasuk dalam genus Allium, satu jenis dengan daun bawang dan bawang merah. Bawang putih telah dijadikan bumbu masakan bahkan selama ribuan tahun lalu.

Namun selain dijadikan bumbu, bawang putih ternyata punya banyak manfaat. Salah satunya untuk kesehatan tubuh manusia, khususnya bagi kaum . Bawang putih telah digunakan sebagai obat sepanjang sejarah kuno dan modern. Bawang putih dipercaya dapat mencegah dan mengobati berbagai kondisi dan penyakit.

Ada beberapa senyawa yang dimiliki bawang putih seperti vitamin B6, selenium, vitamin C, dan mineral penting lainnya. Bawang putih juga mengandung zat allicin yang mampu memberikan manfaat bagi kesehatan. Zat ini juga yang menyebabkan aroma menyengat pada bawang putih.

7 Manfaat Bawang Putih untuk Wanita dan Cara Menggunakannya

Berikut beberapa manfaat bawang putih untuk wanita, yang telah kita rangkum dari berbagai sumber.

1. Mencegah kanker payudara

Menurut National Cancer Institute, bawang putih memiliki efek perlindungan berasal dari antibakteri. Sifat ini mampu memblokir pembentukan dan aktivasi zat penyebab kanker. Menurut CancerActive, senyawa sulfur dan allicin di bawang putih mampu mengikat sel kanker, mencegah aksi agen kanker.

Allicin bawang putih juga mampu membuat tubuh jadi lebih kuat terhadap infeksi. Terutama bakteri, virus, ragi dan infeksi usus. Kamu bisa mendapatkan manfaat dari bawang putih dengan cara dikonsumsi dimasak terlebih dulu atau mentah.

2. Membuat kulit lebih bercahaya

Bawang putih dapat melindungi kulit dari radikal bebas, memperlambat penurunan kolagen, dan hilangnya elastisitas kulit. Bawang putih juga punya mafaat besar saat diterapkan pada kulit. Sangat baik untuk mencegah infeksi jamur dan kurap.

Caranya, oleskan bawang putih yang sudah dihancurkan pada kulit. Kemudian pijat bagian perlahan. Jika kamu memiliki kulit sensitif, tambahkan bahan penetral alami seperti madu atau minyak zaitun.

Kamu juga bisa mengonsumsi bawang putih, telan dua siung bawang putih mentah dengan air hangat terlebih dahulu di pagi hari. Kemudian perbanyak minum air putih sepanjang hari.

3. Mencegah rambut rontok

Kandungan sulfur tinggi bawang putih mengandung keratin, dapat mendukung pertumbuhan rambut dan meningkatkan kekuatan rambut. Oleskan minyak yang mengandung bawang putih ke kulit kepala, kemudian pijat secara perlahan. Rasakan manfaatnya, dengan kembalinya rambut indah alami.

4. Menghilangkan bau keputihan

Bawang putih adalah antibiotik alami yang kaya akan manfaat. Efek yang diberikan bawang putih sangat baik untuk wanita. Salah satunya adalah menghilangkan bau tidak sedap saat keputihan. Antijamur pada bawang putih akan membersihkan infeksi dan bakteri jahat pada vagina.

Dilansir dari Top10 homeremedies, kamu bisa memakan bawang putih baik mentah atau matang. Campurkan 1-2 siung bawang putih mentah dengan air hangat. Konsumsi selagi perut masih kosong. Atau kamu bisa menambahkan bawang putih pada salad dan masakan lainnya.

Selain itu, kamu juga bisa meletakkan bawang putih langsung di vagina. Diamkan selama 1 hingga 2 jam. Lakukan setiap hari untuk mendapatkan hasil maksimal.

5. Membersihkan komedo

Bawang putih juga dapat membawa efek baik untuk kecantikan. Kamu bisa memanfaatkan bawang putih untuk menghilangkan komedo.

Caranya, haluskan bawang putih lalu oleskan pada area wajah yang berkomedo. Pijat secara lembut dan perlahan selama beberapa menit. Bilas dengan air dingin. Jika kamu punya kulit sensitif, tambahkan kandungan penetral alami lain, seperti madu atau minyak zaitun.

6. Sebagai agen antipenuaan

Senyawa antioksidan dari zat allicin bawang putih punya peranan besar dalam menangkal radikal bebas. Antioksidan membantu melindungi sel dari kerusakan oksidatif, yang dapat membuat seseorang mengalami penuaan lebih cepat. Jika dikonsumsi secara rutin, bawang putih mampu mencegah penuaan.

7. Mengobati Jerawat

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh seorang dokter kulit bernama Doris Day, M.D, menemukan bahwa bawang putih bisa melawan peradangan akibat jerawat. Itu karena bawang putih mengandung bahan kimia alami bernama allicin.

Dan kandungan allicin dalam bawang putih ini ampuh membunuh banyak virus serta bakteri berbahaya, termasuk penyebab jerawat. Kemudian kandungan antioksidan dan sifat anti radang yang ada pada bawang putih mampu mengempeskan jerawat sebelum sempat tumbuh.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.